HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Sumarni, Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd. Drs. Wagiman, M.Pd.

Keywords:

Manajemen Waktu Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen
waktu belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII
SMP N 2 Kokap Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah
siswa kelas VIII SMP N 2 Kokap Kulon Progo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Teknik pengambilan sampel dengan cara Simple Random Sampling.
Sampel penelitian berjumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode angket. Hasil uji validitas angket manajemen waktu
belajar dengan jumlah butir soal 32 terdapat 2 soal yang dinyatakan tidak
valid dan reliabilitasnya 0,969. Angket fasilitas belajar dengan jumlah soal
24 butir terdapat 1 soal yang dinyatakan tidak valid dan reliabilitasnya
0,954. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment regresi
ganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa: 1) Ada
hubungan antara manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar pada
siswa kelas VIII di SMP N 2 Kokap Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal itu
dilihat dari perolehan nilai r hitung sebesar 0,374 dan r tabel 0,259 pada
taraf signifikansi 5% dan N = 56 yang berarti nilai r hitung lebih besar dari r
tabel (0,374 > 0,259). 2) Ada hubungan antara fasilitas belajar dengan
prestasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Kokap Tahun Pelajaran
2022/2023. Hal itu dilihat dari perolehan nilai r hitung sebesar 0,444 dan r
tabel 0,259 pada taraf signifikansi 5% dan N = 56 yang berarti nilai r hitung
lebih besar dari r tabel (0,444 > 0,259). 3) Ada hubungan antara
manajemen waktu belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada
siswa kelas VIII di SMP N 2 Kokap Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini
dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga F hitung F
hitung sebesar 14,26. Setelah dibandingkan dengan F tabel pada taraf
signifikansi 5% dengan db (2: 53) sebesar 3,18. Disarankan bagi sekolah,
diharapkan dapat melengkapi fasilitas belajar yang ada di sekolah. Bagi
guru pembimbing, hendaknya memberikan bimbingan tentang manajemen
waktu belajar dan peningkatan prestasi belajar. Bagi siswa, hendaknya
dapat memanajemen waktu dengan baik dan dapat menggunakan fasilitas
belajar yang tersedia dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. Rosid. 2019. Capailah Prestasimu. Guepedia Publisher. Bogor.

Anisa Puji Harlina, dkk. 2014. Mengembangkan kemampuan manajemen waktu melalui

layanan penguasaan konten dengan tektik kontrak berprilaku (Indonesian

jurnal of guidance and couseling: theory and application, Vol.3 No.1.

Daniel Ahsan. 2011. Bagaimana Menggunakan Waktu 8 Jam Setara Dengan

Produktivitas 24 Jam. Yogyakarta: Manika Books.

Oemar Hamalik. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja

Rosda Karya.

Popi Sopiatin. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Resminingsih. 2010. Bahan dasar untuk pelayanan konseling pada satuan pendidikan

menengah jilid 1. Jakarta: Grasindo.

Sigit Purwanto. 2008. Pocket Mentor Manajemen Waktu. Yogyakarta: Erlangga.

Sri Erni Muliyani. 2017. Prestasi Belajar dan Manajemen Waktu Kuliah Mahasiswi, Jurnal

Pendidikan Olahraga dan Seni Gelora, Vol 04 No 2.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2011. Metode Penelitian Kualtatif dalam bimbingan dan konseling. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Sumarni, Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd. Drs. Wagiman, M.Pd. (2024). HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 23(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/77