HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 WATES TAHUN AJARAN 2024/2025

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 WATES TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Sulistya Rini
  • Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd.
  • Endah Rahmawati, M.Pd

Keywords:

kepercayaan diri, komunikasi interpersonal, interaksi sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada hubungan antara kepercayaan diri
dan komunikasi interpersonal terhadap interaksi sosisal siswa kelas XI di SMK
Muhammadiyah 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Wates Tahun
Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 187 siswa dengan mengambil sampel 56 siswa
dengan Teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data diambil
melalui kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis
regresi berganda dan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 24. Dari hasil
analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri
dengan interaksi sosial pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Wates tahun
ajaran 2024/2025, ditunjukkan dengan perolehan thitung lebih besar dari ttabel
(2,428 > 1,67) pada taraf signifikansi 5% dengan N = 56. Ada hubungan antara
komunikasi interpersonal dengan interaksi sosial pada siswa kelas XI SMK
Muhammadiyah 2 Wates tahun ajaran 2024/2025, ditunjukkan dengan perolehan
thitung lebih besar dari ttabel (2,624 > 1,67) pada taraf signifikansi 5% dengan N
= 56. Ada hubungan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal
dengan interaksi sosial pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Wates tahun
ajaran 2024/2025, ditunjukkan dengan perolehan Fhitung lebih besar dari Ftabel
(6,500 > 3,16) pada taraf signifikansi 5% dan df 2/55 adalah 3,16. Berdasarkan
penelitian ini, disarankan kepada siswa untuk meningkatkan kepercayaan diri dan
komunikasi interpersonal agar memiliki interaksi sosial yang baik. Kepada Guru
bimbingan konseling agar melaksanakan layanan bimbingan konseling untuk
mengembangkan kepercayaan diri, komunikasi interpersonal, dan interaksi
sosial. Kepada peneliti berikutnya diharapkan dapat menambah variabel lain
untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013).

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachtiar, A. (2020).

Rahasia Menjadi Pribadi Percaya Diri, Berani Tampil Beda, dan

Dikagumi

. Yogyakarta: Araska.

Busro, M. (2018).

Teori-teori Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Darmawan, D., & Handayani, N. (2019). Peningkatan Sikap Percaya Diri Warga Belajar

melalui Kegiatan Projct Class Pada Program Paket C Tahun 2019. 104.

Dessy, & Franky. (2019). Pusat Pengembangan Kepercayaan Diri.

Vol. 1, No. 2, 1695-1704.

Devito, J. A. (2011).

Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing

Group.

Fanun, D. (2019).

Percaya Diri Harga Mati. Yogyakarta: Araska.

Fatimah, E. (2010).

Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung:

Pustaka Setia.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Sulistya Rini, Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd., & Endah Rahmawati, M.Pd. (2025). HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 WATES TAHUN AJARAN 2024/2025: HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 WATES TAHUN AJARAN 2024/2025. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 24(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/179