PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 20242025

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 20242025

Authors

  • Luthfi Hasbi Ali Harahap
  • Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd.
  • Anita Dewi Astuti, M.Pd.

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, Problem solving, Pendidikan Karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan teknik Problem solving terhadap pendidikan karakter siswa kelas XI SMK
Muhammadiyah 1 Wates Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian yang digunakan
adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasinya
adalah siswa kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk
menguji ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik
Problem solving dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa. Hasil analisis
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari layanan bimbingan
kelompok dengan teknik Problem solving terhadap pendidikan karakter siswa.
Nilai yang diperoleh adalah 2,465, sedangkan nilai pada tingkat
kepercayaan 0,05 (5%) dan derajat kebebasan (df) 8 adalah 1,860. Karena
(2,465) lebih besar dari (1,860), maka hipotesis alternatif (Ha)
yang menyatakan bahwa “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik Problem solving terhadap pendidikan karakter siswa kelas XI Sekolah
Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Wates Tahun Ajaran 2024/2025” diterima.
Temuan ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik
Problem solving dapat meningkatkan pendidikan karakter siswa. Hasil ini
memberikan implikasi penting pada perlunya penerapan teknik tersebut dalam
layanan bimbingan kelompok untuk mendukung pengembangan karakter siswa
secara lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2015.

Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani dan Beni. 2013.

Pendidikan Karakter Persif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Heri Gunawan. 2014.

Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Hikmawati, Fenti. 2020.

Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Martinis Yamin. 2011.

Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Moh.Said. 2011.

Pendidikan Karakter di Sekolah. Surabaya: Jaring Pena.

Muchlas Samani dan Hariyanto. 2011.

Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung:

Remaja Rosda Karya.

Sofyan, S. Willis. 2010.

Remaja dan Masalahnya. Bandung: CV Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2010.

Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di

Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011.

Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Luthfi Hasbi Ali Harahap, Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd., & Anita Dewi Astuti, M.Pd. (2025). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 20242025: PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 20242025. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 25(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/215

Most read articles by the same author(s)