WUJUDKAN PERCEPATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MELALUI KOMPETENSI GURU

Authors

  • Ratri Shinta Wardhani IKIP PGRI Wates

Keywords:

Kompetensi guru, Kurikulum merdeka belajar

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum terkini sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya.. Guru memegang peran utama dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar karena seperangkat rencana pembelajaran yang ada dalam kurikulum nantinya akan didesain kemudian disampaikan kepada peserta didik melalui guru. Kurikulum sebagus apapun jika guru sebagai garda depan dalam menyukseskan pembelajaran terlupakan maka upaya meningkatkan sumber daya manusia yang unggul akan sia-sia. Sebagai upaya menyongsong kebijakan kurikulum Merdeka Belajar, maka seorang guru minimal harus memiliki empat kompetensi. Kompetensi tersebut meliputi: 1) kompetensi pedagogik, yakni guru harus memiliki kemampuan dalam mengelola pembelajaran. 2) kompetensi kepribadian, guru harus memiliki sifat dan sikap yang dapat diteladani terutama oleh peserta didik. 3) komptensi sosial, guru harus memiliki kemampuan dan kemauan untuk menjalin interaksi diberbagai lapisan masyarakat.4) kompetensi profesional, guru harus senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang selalu dinamis. Kompetensi guru tidak akan pernah memudar dan dianggap kuno asalkan guru dengan kompetensinya mampu menyesuaikan dan mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Al Islah, 7(2), 318–336. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v7i2.43

Hidayah, N. H., & Santoso, B. (2020). Motivasi dan Disiplin Kerja Sebagai Determinan Etos Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 202–213. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/452

Joni, R. (2006). Program Hibah Kompetisi PGSD 2006 Revitalisasi Pendidikan Profesional Guru Menuju Relevansi. Ditjen Dikti Depdiknas.

Kemdikbud. (2019). Kebijakan Merdeka Belajar. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/empat-pokok-kebijakan-merdeka-belajar

Khoirurrijal, Fadriati, & Sofia. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Menristek Dikti No 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum. (n.d.).

Mulyasa, H. . (2020). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (L. I. Darojah (Ed.)). PT Bumi Aksara.

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademika, 6(3), 377–384. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/13523

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Guru. (n.d.).

Rachmawati, R. (2018). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Diklat Keagamaan, XII(34).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Revina, S. (2019). Alasan Guru Indonesia Belum Wujudkan Merdeka Belajar Untuk Siswa. Kumparan Sains. https://kumparan.com/kumparansains/alasan-guru-indonesia-belum-wujudkan-merdeka-belajar-untuk-siswa-1sL8jFmwYAY/full

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5545–5549. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154

Siregar, S. (2000). Sumber Daya Manusia (Konsep Universal Etos Kerja). PT Gramedia.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100–110. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825

Suprihatiningrum, J. (2016). Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru). Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (n.d.).

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Wardhani, R. S. (2022). WUJUDKAN PERCEPATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MELALUI KOMPETENSI GURU. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 21(2), 99–114. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/52