KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Mei Devi Nuryanti
  • Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd.
  • Endah Rahmawati, M.Pd.

Keywords:

konseling individu, pendekatan rational emotive therapy, konsep diri

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling individu
dengan pendekatan rational emotive therapy untuk meningkatkan konsep diri
siswa Sekolah Menengah Pertama. Dengan pendekatan rational emotive therapy
dapat membantu klien memodifikasi pikiran/persepsi yang irrasional dan tidak
logis menjadi pandangan yang rasional dan logis agar klien dapat
mengembangkan diri. Layanan konseling individu digunakan untuk mengatasi
permasalahan konsep diri siswa karena layanan konseling ini dapat membantu
siswa untuk mengentaskan masalah yang dialami klien serta mengurangi
penilaian negatif terhadap dirinya sendiri serta perasaan-perasaan
inferioritasnya. Kemudian membantu mengoreksi persepsinya terhadap
lingkungan, agar bisa mengarahkan tingkah laku serta mengembangkan kembali
minat sosialnya. Teknik reinforcement digunakan untuk mendorong perubahan
perilaku dan pemikiran menuju arah yang lebih rasional. Upaya layanan
konseling individu dengan teknik reinforcement terdiri dari tiga tahapan, yaitu: (1)
Tahap awal konseling. (2) Tahap Pertengahan (tahap kerja). (3) Tahap akhir
konseling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Juntika. (2017).

Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika

aditama.

Desminta. (2016).

Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewa Ketut Sukardi. (2000).

Pengantar Pelakasanaan Program Bimbingan dan Konseling

di Sekolah. Jakarta: PT Renika Cipta.

Edi Kurnanto. (2013).

Psikologi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Eko Yulianto. (2018).

Konsep Diri, Remaja, dan Pergaulan Sehat. Surabaya: PT Jepe Press

Media Utama.

Gerald Corey. (2010).

Teori Rasional Emotif. Bandung: PT Refika

Aditama. Muhammad Surya. (2003).

Pengantar Teori Konseling. Bandung: PustakaBani

Quraisy.

Nur Ghufron & Rini Risnawita (2010).

Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soemanto. (2006).

Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyan Willis. (2010).

Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: CV Alfabeta.

Tohirin. (2007).

Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah: Berbasis Integrasi.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Mei Devi Nuryanti, Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd., & Endah Rahmawati, M.Pd. (2025). KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA: KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 25(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/219

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>