ANALISIS DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE FREE FIRE PADA KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI GUNUNGDANI TAHUN AJARAN 2023/2024

ANALISIS DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE FREE FIRE PADA KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI GUNUNGDANI TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Muftiadi Izzulhaq
  • Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd
  • Dr. Sumpana, M.Pd

Keywords:

Game online free fire, Bahasa Indonesia, Dampak positif dan negatif

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu game online free fire dan keterampilan
berbahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
membahas dampak permainan game online free fire pada keterampilan
berbahasa Indonesia kelas IV dan V di SD Negeri Gunungdani. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara untuk
mengumpulkan data. Subjek penelitian terdiri dari siswa serta guru kelas IV dan
V di SD Negeri Gunungdani. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif
untuk memahami dampak permainan game online free fire pada keterampilan
berbahasa Indonesia kelas IV dan V SD Negeri Gunungdani. Teknik analisis data
yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan
bahwa permainan game online free fire memiliki dampak positif dan negatif pada
keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas IV dan V. Dampak positifnya,
siswa mengalami peningkatan kosa kata, keterampilan berbicara, serta rasa
percaya diri dalam berkomunikasi, selain itu juga mampu berpikir cepat,
responsif, dan kreatif. Namun, dampak negatifnya meliputi penurunan fokus
akibat kurang tidur, keterbatasan interaksi sosial dengan teman yang tidak
bermain game, dan penyerapan kata-kata kasar yang mengganggu etika
komunikasi serta kesopanan mereka dalam berinteraksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell. (2016).

Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Debi, D. F. R., & Yamin, Y. (2021). Hubungan

game online “free fire” dengan perilaku

komunikasi pada siswa kelas vi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 818-824.

Hadisaputra, (2022). Strategi Pemanfaatan

Game Online Dalam Mendidik Anak Usia Dini.

Nanaeke Indonesian

Journal Of Early Childhood Education Volume 5.

Johan, R. (2019). Pengaruh

Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas

X di MA Al Hidayah Depok.

Research and Development Journal of Education, 5(2),

https://doi.org/10.30998/rdje.v5i2.3748

Lestari, D. P., Rahmi, A., & Sari, L. (2024). Perkembangan Akhir Masa Anak-Anak. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 2(1), 43-53.

Mareta, M. (2022) Implikasi Karakteristik Perkembangan Anak Terhadap Penyelenggaraan

Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri. Malang. Inara Publisher

Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena

Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar.

Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99.

https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154

Mirna, M., & Laksana, N. Y. (2022). Komunikasi Sosial Anak Melalui

Game Garena Free Fire.

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(4).

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan

Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi

Nonformal, 3(2), 422-427.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem

Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Nur, Nuzulia Rahma. (2022, 12 Maret). Pandemi Bawa Dampak Lain, Indonesia Jadi Negara

Ke-3 Pemain

Game online Terbanyak. WartaEkonomi.co.id [

Online], halaman 1.

Tersedia: https://wartaekonomi.co.id/read399041/pand emi-bawa-dampak-lain-

indonesia-jadinegara-ke-3-pemain-

game-

online-terbanyak.

Oktavia, L. S., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Perkembangan Anak Usia Sekolah

Dasar: Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1823-

Putri, I. S. P. (2022). Penerapan Metode

Card Sort untuk Meningkatkan Kemampuan

Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas 1 UPT SD Negeri 35 Gresik (

Doctoral

Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Rahmatullah, A. (2022). Determinasi

Game Online Free Fire Terhadap Perilaku Agresi

Komunikasi Anak-Anak di Kota Parepare (

Doctoral Dissertation, IAIN Parepare).

Ramadhana, B., & Meitasari, I. (2023). Kajian tingkat pendidikan terhadap kualitas hidup

masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 8(2), 38-45.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan

Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7169.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Muftiadi Izzulhaq, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd, & Dr. Sumpana, M.Pd. (2024). ANALISIS DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE FREE FIRE PADA KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI GUNUNGDANI TAHUN AJARAN 2023/2024: ANALISIS DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE FREE FIRE PADA KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI GUNUNGDANI TAHUN AJARAN 2023/2024. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/117