ANALISIS DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE FREE FIRE PADA KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI GUNUNGDANI TAHUN AJARAN 2023/2024
ANALISIS DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE FREE FIRE PADA KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI GUNUNGDANI TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Game online free fire, Bahasa Indonesia, Dampak positif dan negatifAbstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu game online free fire dan keterampilan
berbahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
membahas dampak permainan game online free fire pada keterampilan
berbahasa Indonesia kelas IV dan V di SD Negeri Gunungdani. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara untuk
mengumpulkan data. Subjek penelitian terdiri dari siswa serta guru kelas IV dan
V di SD Negeri Gunungdani. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif
untuk memahami dampak permainan game online free fire pada keterampilan
berbahasa Indonesia kelas IV dan V SD Negeri Gunungdani. Teknik analisis data
yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan
bahwa permainan game online free fire memiliki dampak positif dan negatif pada
keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas IV dan V. Dampak positifnya,
siswa mengalami peningkatan kosa kata, keterampilan berbicara, serta rasa
percaya diri dalam berkomunikasi, selain itu juga mampu berpikir cepat,
responsif, dan kreatif. Namun, dampak negatifnya meliputi penurunan fokus
akibat kurang tidur, keterbatasan interaksi sosial dengan teman yang tidak
bermain game, dan penyerapan kata-kata kasar yang mengganggu etika
komunikasi serta kesopanan mereka dalam berinteraksi.
Downloads
References
Creswell. (2016).
Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Debi, D. F. R., & Yamin, Y. (2021). Hubungan
game online “free fire” dengan perilaku
komunikasi pada siswa kelas vi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 818-824.
Hadisaputra, (2022). Strategi Pemanfaatan
Game Online Dalam Mendidik Anak Usia Dini.
Nanaeke Indonesian
Journal Of Early Childhood Education Volume 5.
Johan, R. (2019). Pengaruh
Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas
X di MA Al Hidayah Depok.
Research and Development Journal of Education, 5(2),
https://doi.org/10.30998/rdje.v5i2.3748
Lestari, D. P., Rahmi, A., & Sari, L. (2024). Perkembangan Akhir Masa Anak-Anak. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 2(1), 43-53.
Mareta, M. (2022) Implikasi Karakteristik Perkembangan Anak Terhadap Penyelenggaraan
Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri. Malang. Inara Publisher
Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena
Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar.
Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99.
https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154
Mirna, M., & Laksana, N. Y. (2022). Komunikasi Sosial Anak Melalui
Game Garena Free Fire.
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(4).
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan
Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi
Nonformal, 3(2), 422-427.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem
Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).
Nur, Nuzulia Rahma. (2022, 12 Maret). Pandemi Bawa Dampak Lain, Indonesia Jadi Negara
Ke-3 Pemain
Game online Terbanyak. WartaEkonomi.co.id [
Online], halaman 1.
Tersedia: https://wartaekonomi.co.id/read399041/pand emi-bawa-dampak-lain-
indonesia-jadinegara-ke-3-pemain-
game-
online-terbanyak.
Oktavia, L. S., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Perkembangan Anak Usia Sekolah
Dasar: Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1823-
Putri, I. S. P. (2022). Penerapan Metode
Card Sort untuk Meningkatkan Kemampuan
Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas 1 UPT SD Negeri 35 Gresik (
Doctoral
Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
Rahmatullah, A. (2022). Determinasi
Game Online Free Fire Terhadap Perilaku Agresi
Komunikasi Anak-Anak di Kota Parepare (
Doctoral Dissertation, IAIN Parepare).
Ramadhana, B., & Meitasari, I. (2023). Kajian tingkat pendidikan terhadap kualitas hidup
masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 8(2), 38-45.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan
Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muftiadi Izzulhaq, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd, Dr. Sumpana, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.