PERAN GURU DALAM MENANAMKAN ETIKA DAN MORAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2023/2024

PERAN GURU DALAM MENANAMKAN ETIKA DAN MORAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Windy Tyasta Febriany
  • Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd.
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.

Keywords:

Etika dan moral, Peran guru, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai pengetahuan mengenai peran guru dalam
menanamkan etika dan moral kepada siswa melalui pembelajaran pendidikan
pancasila yang dilatar belakangi adanya permasalahan etika dan moral anak
Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri
Tanjungharjo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriptif. Dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru
kelas I- VI, dan melibatkan beberapa siswa di kelas. Pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penanaman etika moral di SD Negeri
Tanjungharjo dilaksanakan melalui: (1) Program pengembangan diri melalui
kegiatan rutin, spontan, keteladanan dan pengkondisian. (2) Pengintegrasian
etika dan moral dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. (3) Pengembangan
budaya sekolah melalui program 5 S dan, (4) Pengembangan proses
pembelajaran ada 3 yaitu: Di dalam kelas dengan pemberian materi pesan moral
dan membuat kesepakatan Bersama, di sekolah mengadakan pembelajaran
dengan seluruh warga disekolah, dan di lingkungan luar sekolah dengan
bekerjasama antara sekolah serta masyarakat di sekitar sekolah dengan
mengadakan kegiatan belajar mengajar disekitar lingkungan sekolah
menggunakan fasilitas yang disediakan oleh masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharma K, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung:

PT Remaja Rosda Karya Offset.

Duska, dkk. (1984). Moral Development: A Guide to Piaget and Kohlberg (Perkembangan

Moral: Perkenalan Dengan Piaget Dan Kohlerberg). Penerjemah: Dwija Atmaka.

Yogyakarta: Kanisius.

Emzir. (2011). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamid D. (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Hariandi dan Irawan. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di

Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar.

I Wayan K. (2000). Pendidikan Moral Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Kemdiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Windy Tyasta Febriany, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd., & Dr. Faridl Musyadad, M.Pd. (2024). PERAN GURU DALAM MENANAMKAN ETIKA DAN MORAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2023/2024: PERAN GURU DALAM MENANAMKAN ETIKA DAN MORAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2023/2024. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/119