PERAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR
PERAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
peran guru kelas, pembelajaran, anak berkebutuhan khususAbstract
Makalah ini membahas tentang peran guru kelas dalam pembelajaran bagi anak
berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Tujuan dibuatnya tugas akhir ini adalah
untuk (1) mengetahui peran guru kelas di sekolah dasar. (2) mengetahui
karakteristik anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar, (3) mengetahui peran
guru kelas dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan
telaah literatur yang telah dilakukan diperoleh bahwa hasil anak berkebutuhan
khusus di Indonesia ini bisa bersekolah di sekolah dasar pada umumnya tidak
harus bersekolah di SLB. Anak berkebutuhan khusus memiliki karaktetistik yang
bermacam-macam baik secara fisik maupun non fisik maka dalam pembelajaran
dikelas guru harus memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anak.
Peran guru sangatlah penting karena guru merupakan nyawa dalam
keberlangsungan pembelajaran, seorang guru di kelas yang memiliki peserta
didik berkebutuhan khusus harus memiliki keterampilan untuk mengelola materi
dan mengatur suasana di kelas guru juga memiliki tanggungjawab yang besar
ketika mengajar di kelas anak berkebutuhan khusus. Permasalahan yang terjadi
biasanya sarana prasarana di sekolah yang kurang memadai dan juga guru yang
belum bisa menguasai kelas untuk melaksanakan pembelajaran secara baik.
Downloads
References
Akhmad, F., dkk. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan atau Pendidikan Islam bagi ABK
Tuna Wicara.
Jurnal Pendidikan dan Sains Vol. 1, No.3, November 2021; 156-163.
Alfikri, F., Khodijah, Khodijah, N., & Ermis, S. (2022). “Analisis Kebijakan Pendidikan Inklus
”.
Jurnal Ilmiah Indonesia (vol. 7 No. 6 (2022): Syntax Literate: Jurnal Ilmiah
Indonesia.
Ambarsari, M.A. (2022).
Mengenal ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Tangerang: PT.
Human Persona Indonesia.
Arriani, F., dkk. (2021).
Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI).
Jakarta: repositori Kemendikbud.
Asih, M., dkk. (2021)
Peranan Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antalogi Esai
Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Yogyakarta: UAD Press
Berkebutuhan Khusus.
Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 26-
Darma, I.P, & Binahayati, R. (2015) “Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia”.
Jurnal
Prosiding KS: Riset & PKM. vol: 2.no:2. hal. 147-300.
Departemen Pendidikan Nasional (2014).
Pendidikan Inklusi. Depok: Dinas Pendidikan Kota
Depok.
Fathurrohman, M. (2017)
Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.
Halidu, S. (2022).
Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Lombok Tengah, NTB: Pusat
Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Harahap, E., dkk. (2022).
Pendidikan Inklusi. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding
Management
Munawir, Salsabila, Z.P., & Nisa N.R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional.
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7, No.1, Maret 2022.
Nurngaisah. (2020).
Manajemen Kelas Inklusi Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida
Sokaraja Banyumas. (Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Purwokerto)
Pitaloka, A.A.P., Fakhiratunnisa, S.A., & Ningrum, T.K. (2022). Konsep Anak Khusus.
Jurnal
Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 26-42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Nur Hanifah, Dr. Faridl Musyadad, M.Pd., Siwi Utaminingtyas, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.