PERAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR

PERAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Nur Hanifah
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd.

Keywords:

peran guru kelas, pembelajaran, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Makalah ini membahas tentang peran guru kelas dalam pembelajaran bagi anak
berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Tujuan dibuatnya tugas akhir ini adalah
untuk (1) mengetahui peran guru kelas di sekolah dasar. (2) mengetahui
karakteristik anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar, (3) mengetahui peran
guru kelas dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan
telaah literatur yang telah dilakukan diperoleh bahwa hasil anak berkebutuhan
khusus di Indonesia ini bisa bersekolah di sekolah dasar pada umumnya tidak
harus bersekolah di SLB. Anak berkebutuhan khusus memiliki karaktetistik yang
bermacam-macam baik secara fisik maupun non fisik maka dalam pembelajaran
dikelas guru harus memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anak.
Peran guru sangatlah penting karena guru merupakan nyawa dalam
keberlangsungan pembelajaran, seorang guru di kelas yang memiliki peserta
didik berkebutuhan khusus harus memiliki keterampilan untuk mengelola materi
dan mengatur suasana di kelas guru juga memiliki tanggungjawab yang besar
ketika mengajar di kelas anak berkebutuhan khusus. Permasalahan yang terjadi
biasanya sarana prasarana di sekolah yang kurang memadai dan juga guru yang
belum bisa menguasai kelas untuk melaksanakan pembelajaran secara baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, F., dkk. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan atau Pendidikan Islam bagi ABK

Tuna Wicara.

Jurnal Pendidikan dan Sains Vol. 1, No.3, November 2021; 156-163.

Alfikri, F., Khodijah, Khodijah, N., & Ermis, S. (2022). “Analisis Kebijakan Pendidikan Inklus

”.

Jurnal Ilmiah Indonesia (vol. 7 No. 6 (2022): Syntax Literate: Jurnal Ilmiah

Indonesia.

Ambarsari, M.A. (2022).

Mengenal ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Tangerang: PT.

Human Persona Indonesia.

Arriani, F., dkk. (2021).

Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI).

Jakarta: repositori Kemendikbud.

Asih, M., dkk. (2021)

Peranan Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antalogi Esai

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Yogyakarta: UAD Press

Berkebutuhan Khusus.

Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 26-

Darma, I.P, & Binahayati, R. (2015) “Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia”.

Jurnal

Prosiding KS: Riset & PKM. vol: 2.no:2. hal. 147-300.

Departemen Pendidikan Nasional (2014).

Pendidikan Inklusi. Depok: Dinas Pendidikan Kota

Depok.

Fathurrohman, M. (2017)

Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Halidu, S. (2022).

Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Lombok Tengah, NTB: Pusat

Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Harahap, E., dkk. (2022).

Pendidikan Inklusi. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding

Management

Munawir, Salsabila, Z.P., & Nisa N.R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional.

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7, No.1, Maret 2022.

Nurngaisah. (2020).

Manajemen Kelas Inklusi Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida

Sokaraja Banyumas. (Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama

Islam Negeri Purwokerto)

Pitaloka, A.A.P., Fakhiratunnisa, S.A., & Ningrum, T.K. (2022). Konsep Anak Khusus.

Jurnal

Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 26-42

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Siti Nur Hanifah, Dr. Faridl Musyadad, M.Pd., & Siwi Utaminingtyas, M.Pd. (2024). PERAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR: PERAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/105

Most read articles by the same author(s)