Implementasi kebijakan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terhadap nasionalisme pada siswa sekolah dasar

Authors

  • Nandita Gusti Pangesti Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Penguatan pendidikan karakter, Nasionalisme, Siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terhadap nasionalisme siswa sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Pengumpulan data yang digunakan berupa literatur dan jurnal-jurnal ilmiah serta dokumen dalam bentuk buku yang mendukung tema penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis interaktif yang terdiri dari tiga langkah yakni reduksi data, display data serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terhadap nasionalisme pada siswa khususnya di SD Negeri 2 Plaosan belum terlaksana secara maksimal. Upaya yang dapat dilakukan oleh pihak Sekolah untuk meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa adalah dengan memberikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta bela Negara secara lebih mendalam. Pihak sekolah juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa dengan menumbuhkan sikap atau tingkah laku pada saat upacara bendera mencerminkan pada cinta terhadap tanah air serta tidak lupa menghormati jasa para pahlawan serta mewariskan pendidikan moral dengan tujuan supaya generasi muda tidak mudah menyerap hal-hal yang negatif dan mengancam ketahanan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husin Affan, M., & Maksum, H. (2016). Menciptakan kembali perilaku nasionalisme Bangsa Indonesia pada menangkal budaya asing di era globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 3(4) 65-72. https://doi.org/10.7498/aps/62.010302. diunduh 29 mei 2022.

Imron, A. (2018). Manajemen pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka.Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol 1, 284-292.

Irhandayaningsih, A. (2012). Peranan Pancasila pada menumbuhkan pencerahan nasionalisme generasi muda pada era globalisasi. Jurnal Humanika. https://doi.org/10.14710/humanika.16.9. diunduh 29 mei 2022.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Rifa’i, Anwar.(2017). Pembentukan Karakter Nasionalisme Melalui Pendidikan Aswaja Pada Siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang. Jurnal. Semarang. Universitas Negeri Semarang

Sudibyo, P. (2015). Manajemen pendidikan karakter di taman kanak-kanak bias palagan Yogyakarta. Jurnal El-Tarbawi, VIII (2), 195-206.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Pangesti, N. G. (2022). Implementasi kebijakan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terhadap nasionalisme pada siswa sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 20–26. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/8