ANALISIS DAMPAK APLIKASI TIKTOK TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI PALIHAN LOR

Authors

  • Ananda Atika Agustin
  • Yulia Palupi, M.Pd
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.

Keywords:

dampak, aplikasi Tiktok, sikap sosial, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak aplikasi
Tiktok terhadap sikap sosial peserta didik kelas V SDN Palihan Lor dan untuk
mengetahui peran orang tua, dan guru kelas dalam mengatasi dampak aplikasi
Tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat
penelitian SDN Palihan Lor Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo.
Instrumen yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, serta
dokumentasi dengan subyek penelitian peserta didik kelas V, dan informan
peneliti sebagai narasumber pendukung yaitu orang tua dan guru kelas V. Teknis
analisis dan interpretasi data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Aplikasi Tiktok
memiliki dampak positif dan negatif terhadap sikap sosial peserta didik kelas V
SDN Palihan Lor tahun ajar 2024/2025. Sikap positif meliputi solidritas, kerja
sama, dan tenggang rasa. Adapun dampak positif peserta didik menunjukkan
sikap saling membantu teman yang sedang membutuhkan bantuan,
mendengarkan dan memperhatikan teman yang sedang presentasi, membantu
temannya yang sedang membutuhkan bantuan dan bersikap ramah kepada
semua orang. Sedangkan sikap negatif meliputi egoisme dan prasangka sosial
yaitu tidak memperhatikan lingkungan sekitar, pasif dalam berdiskusi kelompok,
membentuk kelompok teman atau circle, membully teman, serta menirukan gaya-
gaya dan bahasa yang kurang pantas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan
demikian, terdapat peran orang tua dan guru dalam mengatasi dampak aplikasi
Tiktok. Peran orang tua seperti membatasi penggunaan aplikasi Tiktok, pemilihan
konten yang sesuai dan melakukan pendampingan. Peran guru di antaranya
memberi arahan dan bimbingan kepada peserta didik serta memberikan edukasi
digital atau cara menggunakan aplikasi digital secara bijak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfansyur, A., dan Mariyani.(2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik,

Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial.

Jurnal Kajian, Penelitia &

Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2)

Alpian, Y. (2016). Hubungan Pengetahuan Sila Kemanusiaan Dengan Sikap Tenggang Rasa

Pada Siswa SDN Cibarusah Jaya 01 Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi (Studi

Korelasional pada Siswa Kelas V SD).

Jurnal Civics

Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh media sosial tiktok terhadap

perkembangan prestasi belajar anak Sekola h Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai,

(1)

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Ananda Atika Agustin, Yulia Palupi, M.Pd, & Dr. Faridl Musyadad, M.Pd. (2024). ANALISIS DAMPAK APLIKASI TIKTOK TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI PALIHAN LOR. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/98