PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS 3 SD NEGERI KALIKEPEK

PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS 3 SD NEGERI KALIKEPEK

Authors

  • Risma Riyanti
  • Yulia Palupi, M.Pd.
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.

Keywords:

Karakter Disiplin, Peran Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai pengetahuan mengenai peran guru dalam
membentuk karakter disiplin peserta didik kelas 3 yang dilatar belakangi adanya
permasalahan karakter disiplin peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di
Sekolah Dasar Negeri Kalikepek yang berlokasi di Giripeni, Kecamatan Wates,
Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Dengan subjek peneliti yaitu kepala sekolah, guru
kelas III, guru olah raga, dan melibatkanseluruh peserta didik kelas III.
Pengmpulan data ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan yag dikembangkan oleh Miles dan Huberman
(dalam Elisa D. P). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam
membentuk karakter disiplin peserta didik dilaksanakan melalui: (1) peran guru
sebagai pendidik, (2) peran guru sebagai pembimbing, (3) peran guru sebagai
penasehat, (4) peran guru sebagai teladan, (5) peran guru sebagai motivator, (6)
peran guru sebagai fasilitator, (7) peran guru sebagai evaluator. Serta ada faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter disiplin peserta
didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Mustika A. (2018). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin Dalam

Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak.

Jurnal Studi Gender dan Anak,

(Volume 11, Nomor 1, tahun 2018), 358-359.

Elisa D. P. (2022) Peran Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta didik Kelas

V Di MI Ma’arif Global Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022, 5-37.

Febi A. (2021), Tugas Guru Sebagai Penegak Disiplin DalamMemenuhi Standar Pencapaian

Pendidikan.

Jurnal Ebtida (No 1 tahun 2021), 1.

Gunawam, I. 2016.

Manajemen Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muhammad Y. dkk., (2023).Peran Guru diSekolah & Masyarakat.

Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran (Vol. 2 No. 3 tahun 2023),382-389.

Nopan O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.

Manajer

Pendidikan: Ilmiah Manajemen Program Pendidikan Pascasarjana, (Nomor 3, tahun

, 465.

Rahmat A. (2014).

Pengantar Pendidikan, Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bandung.

Rahmat H. dan Abdillah. (2019).

Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan:

Lembaga Pelindung Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Rohmat M. S. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0.

Jurnal Basicedu (Vol. 7 No. 1 tahun 2023), 996.

Sofyan Tsauri. (2015).

Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa.

Jember.

Sujarwo. (2010).

Peran Guru Dalam Pemberdayaan Peserta didik. Yogyakarta: Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Risma Riyanti, Yulia Palupi, M.Pd., & Dr. Faridl Musyadad, M.Pd. (2024). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS 3 SD NEGERI KALIKEPEK: PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS 3 SD NEGERI KALIKEPEK. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/126

Most read articles by the same author(s)