KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DINAMIKA ROTASI MELALUI “MEPASOK” KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 2 KEBUMEN

Authors

  • R. Hadi Wahono SMA Negeri 2 Kebumen

Keywords:

Kreativitas, Hasil belajar, Mepasok

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil penilaian harian kelas XI mipa. Hasil rata-rata penilaian harian yang pertama pada materi moment gaya untuk kelas XI.MIPA.2, XI.MIPA.3 dan XI.MIPA.4 adalah 62,18, 60,20 dan 65,43. Nilai rata-rata ini masih jauh dari KKM mata pelajaran fisika 75. Dipilih kelas XI.MIPA.3 karena kreativitas dan hasil belajar rata-rata kelas rendah dari tiga kelas yang peneliti ajarkan. Jumlah siswa 31 terdiri 24 putri dan 7 putra. Untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar fisika siswa,sebagai peneliti melakukan penelitan dengan metode dikripsi kualitatif penelitian tindakan kelas melalui membuat alat peraga rongsok“Mepasok”. PTK ini terdiri dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) oebservasidan (4) refleksi. Data tersebut diolah melalui diskripsi komparatif dan penyimpulan. Hasil belajar rata-rata kelas XI.MIPA.3 untuk siklus I pada materi kesetimbangan benda tegar 73,40 dan siklus II pada materi titik berat 76,00. Ini menunjukan pada setiap sklusnya kreativitas membuat alat peraga dan hasil belajar fisika siswa ada peningkatan. Hasil PTK menunjukan kreativitas siswa melalui “Mepasok”dan hasil belajar siswa dari kondisi awal,siklus I sampai II ada peningkatan. Dari kegiatan penelitian dapat disimpulka nmelalui “Mepasok” bisa meningkatkan kreativitas dan hasil tentang dinamika rotasi di kelas XI.MIPA.3 SMA Negeri 2 Kebumen pada semester II tahun 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Subyantoro.2019.PENELITIAN TINDAKAN KELAS Metode Kaidah Penulisan Dan Publikasi.Depok.PT Rajagrafindo Persada.

Ketut Kamajaya, Purnama W.2016.Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 2.Bandung.Grafindo Media Pratama.

Sunardi, Retno Paramitha, Darmawan.2016.Fisika Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI.Bandung.Yrama Widya.

Bruce Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun.2016.Model of TEACHING.Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Suryanto, Cucu.2014.Guru Berkarakter Guru Profesional Masa Depan.Solo.Farisma Indonesia

Hamalik, Oemar.2001.Proses Belajar Mengajar.Jakarta.Bumi Aksara.

Suhardjono.2009.Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar PTK dan PTS.Malang.Cakrwala IndonesMIPA dan LP3 UM.

BobFoster. 2004. Fisika 2B. Jakarta. Erlangga.

Syaiful Bahri Djamara.2002.Psikologi Belajar.Jakarta.Rineka Cipta.

Nana Sudjana.2005.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung.Sinar Baru Algensindo.

S.C.U.Munandar.1985.Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah.Jakarta.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Wahono, R. H. (2022). KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DINAMIKA ROTASI MELALUI “MEPASOK” KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 2 KEBUMEN. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 21(2), 115–125. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/50