PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Keywords:
Students Teams Achievement Divisions, Hasil belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan library research dengan langkah-langkah yaitu: (1) pemilihan topik, (2) eksplorasi informasi, (3) menentukan fokus penelitian, (4)
pengumpulan sumber data, (5) persiapan penyajian data, (6) penyusunan laporan. Sumber data diperoleh melalui jurnal, penelitian terdahulu dan buku. Model cooperative learning tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) adalah suatu konsep belajar yang menekankan pada kegiatan belajar dalam kelompok untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam proses kegiatan mengajar yang dimiliki seseorang setelah menerima pengalaman belajarnya. Dengan model cooperative learning tipe students teams achievement divisions (STAD) dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam belajar salah satunya mata pelajaran Matematika. Matematika adalah bahasa simbol ilmu deduktif yang tidak menerima pembuktian secara induktif, ilmu tentang pola keteraturan, dan struktur yang terorganisasi, mulai dari unsur yang tidak didefinisikan, ke unsur yang didefinisikan, ke aksioma atau postulat ke dalil. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe students teams achievement divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik Sekolah Dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika
Downloads
References
Agi, Nurahmadana. (2014). Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe Student Team Achievemen (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa SD. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
Agus Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cahyanto, Puji. 2013. Upaya Peningkatan Pembelajaran Matematika dalam Menentukan Volume Tabung melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), 1(2): 111 – 114.(http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2373), diakses 1 juni 2022
Heruman, 2008.Model PembelajaranMatematika di SekolahDasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan KontekstualDalamPembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Juliana Margareta Sumilat Vindi S. Matutu (2021). Model PembelajaranCooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD)untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3).869-870. Diperoleh dari
https://edukatif.org/index.php/edukatif/index. Di unduh tanggal.Di unduh tanggal 29 September 2021
Nuryanti, Silviani Nova., Triyono., & Susiana, Tri Saputri. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, (Online), 3(1): 9 – 16. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1604), diakses 27 juni 2022
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Slavin,Robert E. (2009). Cooperative LearningTeori, riset dan praktik Bandung. Nusa media Suci Wijayanti (2009) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN 3 Bugel Kedung Jepara
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suwangsih,E. dan Tiurlina (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung UPI Press
Trianto.(2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Widiastuti, Yuliatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.