LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF- MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR
LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF- MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR
Keywords:
Konseling Individu, Teknik Self-Management, Kedisiplinan BelajarAbstract
Layanan konseling individu merupakan upaya berkesinambungan yang dilakukan
oleh konselor dan klien untuk membantu klien memahami dirinya sendiri,
sehingga klien dapat menangani permasalahan yang berada di dalam dirinya,
untuk selanjutnya dapat bertindak maju sesuai keadaan lingkungan pada
umumnya. Teknik self-management digunakan sebagai salah satu pendekatan
dalam konseling individu. Dalam teknik self-management, perubahan kepribadian
klien dengan faktor pengaruh terbesar berasal dari dalam diri klien itu sendiri.
Rendahnya kedisiplinan belajar disebabkan berbagai faktor, seperti
ketidakminatan siswa, ketidakaktifan dalam pembelajaran, dan kurangnya
motivasi siswa. Fenomena ini dapat mengganggu aktivitas belajar mengajar dan
berdampak negatif pada prestasi dan sikap mental siswa. Sebagai upaya
perbaikan, layanan konseling individu dengan teknik self-management dianggap
sebagai solusi yang tepat. Melalui makalah ini, diharapkan dapat menjelaskan
layanan konseling individu dengan teknik self-management dapat meningkatkan
kedisiplinan belajar.
Downloads
References
Fauzan, L. (1992).
Modul Rancangan Konseling Individu. Malang: Depdikbud IKIP Malang.
Gunarsa, S. D. (2011).
Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Libri.
Hallen. (2005
). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.
Hamalik, O. (2004).
Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2016).
Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT
Indeks.
Moenir. (2010).
Masalah-masalah dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E. (2010).
Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurihsan, A. J. (2007).
Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT. Revika
Aditama.
Nursalim, M. (2014).
Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.
Prayitno & Amti, E. (2015).
Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno. (2004
). Seri Layanan Konseling L1-L9. Padang: FIP UNP.
Prayitno. (2007).
Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Purnamasari, L. R. (2013).
Teknik-teknik Konseling. Semarang: UNNES Press.
Rusdinal & Elizar. (2005).
Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Akademi
Manajemen Perusahaan.
Slameto. (2013).
Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudrajat, A. (2011).
Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan Konseling Individual.
Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Sukardi, D, K., & Kusmawati, D, P, E, N. (2008).
Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah;
untuk Memperoleh Angka Kredit. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistyorini. (2014).
Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Elkaf.
Suwanto, I. (2018) “Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu
Kematangan Karir Siswa SMK,”
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia 1, 1
Tu’u, T. (2006).
Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.
Unaradjan, D. (2013).
Manajemen Disiplin. Jakarta: PT. Grasindo.
Wibowo, A. (2012).
Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa
Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Willis, S. S. (2014).
Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eko Wahyu Mujiyanto, Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd., Endah Rahmawati, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.