HUBUNGAN ANTARA MINAT MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG
HUBUNGAN ANTARA MINAT MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG
Keywords:
Minat mengikuti layanan bimbingan belajar, motivasi belajar, kedisiplinan belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat mengikuti layanan
bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan kedisiplinan belajar siswa Kelas
IX SMPN 2 Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa
kelas IX SMP Negeri 2 Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran
2024/2025. Teknik pengambilan sampel dengan cara Proportional random
sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
korelasi product moment dan Teknik analisis data regresi ganda. Berdasarkan
hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa: 1) Ada hubungan antara minat
mengikuti layanan bimbingan belajar dengan kedisiplinan belajar dilihat dari nilai r
hitung sebesar 0,457 dan r tabel 0,341 pada taraf signifikanSi 5 % dan N = 30
yang berarti nilai r hitung lebih besar dari r tabel. 2) Ada hubungan antara
motivasi belajar dengan kedisiplinan belajar. Hal itu dilihat dari nilai r hitung
sebesar 0,481 dan r tabel 0,341 pada taraf signifikansi 5 % dan N = 30 yang
berarti nilai r hitung lebih besar dari r tabel. 3) Ada hubungan antara minat
mengikuti layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan kedisiplinan
belajar. Hal ini dilihat dari nilai F hitung sebesar 4,063 dan F tabel sebesar 3,35
pada taraf signifikansi 5 % dengan db (2: 27) yang berarti F hitung lebih besar
dari F tabel (4,063 > 3,35) pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bandongan
Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2024/2025.
Downloads
References
Ahmad Juntika Nurihsan. 2006.
BK dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika
Aditama.
Dimyati dan Mudjiono. 2009.
Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasan Langgulung. 2004.
Manusia dan Pendidikan. Jakarta: PT. Pustaka Alhusna Baru.
Muhibbin Syah. 2011.
Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syaiful Bahri Djamarah. 2008.
Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Singgih D. Gunarsa. 2012.
Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Libri.
Sardiman A.M. 2011.
Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Slameto. 2010.
Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobry Sutikno. 2004.
Menuju Pendidikan Bermutu. Bandung: NTP Press.
Tohirin. 2007.
Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Tulus Tu’u. 2004.
Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia
Widiasarana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Muntamah, Drs. Dri Atmaka, M.Pd., Endah Rahmawati, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.