KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA

KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA

Authors

  • Afrianti Setyo Rini
  • Dr. M. Jumarin, M.Pd.
  • Drs. Wagiman, M.Pd.

Keywords:

Konseling individu, Pendekatan behavior, Komunikasi interpersonal

Abstract

Konseling Individu merupakan layanan bimbingan dan konseling yang
memungkinkan siswa atau konseli untuk mendapatkan layanan secara langsung
melalui tatap muka (secara perorangan) dengan guru pembimbing, dengan
tujuan untuk menyelesaikan permasalahan pribadi yang diderita oleh siswa atau
konseli. Pendekatan behavior merupakan pendekatan dengan cara memberikan
stimulus kepada konselor agar mampu mengubah pola perilaku yang kurang baik
menjadi lebih baik. Cara meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal
pada siswa dengan pendekatan behavior yaitu melakukan assessment untuk
menentukan apa yang dilakukan klien pada saat itu. Kemudian, goal setting
konselor dan klien dengan merumuskan tujuan konseling yang akan dicapai.
Lalu, technique implementation yaitu konselor menentukan dan melaksanakan
teknik konseling yang akan digunakan untuk mencapai tujuan konseling yaitu
mengubah tingkah laku klien yang maladaptif menjadi tingkah laku yang adaptif.
Selanjutnya, evaluation termination konselor memperhatikan yang telah diperbuat
oleh klien dan melakukan kegiatan penilaian mengenai kesesuaian teknik yang
dilakukan dalam konseling. Pentingnya keterampilan komunikasi interpersonal
bagi siswa sebagai upaya komunikasi yang dilakukan pendidik untuk
menghasilkan informasi lebih luas yang akan memunculkan feedback yang
positif. Oleh karena itu, pendidik memiliki peran penting dengan memberikan
motivasi serta membimbing siswa untuk bisa memecahkan permasalahan yang
sedang dialaminya. Salah satu layanan bimbingan dan konseling yang paling
tepat adalah konseling individu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqsar, Muhammad Aidil. (2018). “Komunikasi Dalam Pendidikan.”

Jurnal Al-Hadi. Vol.3(2):

–706.

Bulantika., Dkk. (2019). “Efektivitas Konseling Individual Menggunakan Teknik Brainstorming

Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal.”

Jurnal Bimbingan Konseling Islam

Dan Kemasyarakatan. Vol.3(1): 24–31.

Corey, Gerald. (2017).

Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Devito, A. Joseph. (2017).

Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional.

Handayani, Gusti. (2019). “Penerapan Layanan Konseling Individual Dalam Pendekatan

Behavioristik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Di Depan Publik

Siswa Kelas X SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019”.

Skripsi.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hellen. (2015).

Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.

Istati, Mufida. (2021).

Konseling Individual. Jakarta: Guepedia.

Kamaluddin, H. (2019). “Bimbingan dan Konseling Sekolah.”

Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan. Vol.17(4): 447–54.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Afrianti Setyo Rini, Dr. M. Jumarin, M.Pd., & Drs. Wagiman, M.Pd. (2025). KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA: KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 24(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/174

Most read articles by the same author(s)