PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD SE GUGUS III PENGASIH
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD SE GUGUS III PENGASIH
Keywords:
Hasil Belajar, IPAS,, Problem Based Learning (PBL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based
Learning (PBL) terhadap hasil belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS
Bab II Harmoni Dalam Ekosistem Kelas V SD Se Guguss III Pengasih Tahun
Pelajaran 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif jenis quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu
kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas
V di SD Negeri 1 Karangsari dan SD Negeri 2 Karangsari dengan jumlah masing-
masing 22 peserta didik dan 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes hasil belajar prettest dan posttest serta lembar
observasi. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat mempengaruhi
hasil belajar IPAS peserta didik kelas V pada Bab II harmoni dalam ekosistem di
SD negeri Segugus III Pengasih. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil belajar
IPAS yang bersignifikansi baik pada kelas eksperimen yang telah diberi
perlakuan dengan model PBL dibanding dengan kelas kontrol yang tidak diberi
perlakuan, Indikator keberhasilan ditandai dengan hasil belajar peserta didik
kelas eksperimen yaitu 35,71 % peserta didik dalam kategori sangat baik dan
53,57 % peserta didik dalam kategori baik. Serta terlihat dari perbedaan nilai rata-
rata yaitu kelas kontrol dengan nilai rata-rata 65,91 dan kelas eksperimen dengan
nilai rata-rata 78,64, dimana hasil belajar kelas eksperimen telah memenuhi
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sedangkan kelas kontrol
belum memenuhi KKTP. Dengan begitu, model PBL dapat menjadi salah satu
model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran IPAS bab
II Harmoni dalam ekosistem kelas V SD Segugus III Pengasih, karena dengan
PBL hasil belajar IPAS peserta didik menjadi lebih baik serta pembelajaran tidak
membosankan. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS Bab II Harmoni dalam
ekosistem kelas V SD Segugus III Pengasih tahun pelajaran 2024/2025.
Downloads
References
Amalia, G.R., & Hardini,A.T. (2020). Efektivitas Model
Problem Based Learning Berbasis
Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar.
Jurnal Ilmiah Wahana
Pendidikan (Vol. 6 No. 3 Tahun 2020) 426-427.
Anugraheni,I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-guru
Sekolah Dasar.
Jurnal Manajemen Pendidikan (Vol. 4 No. 2 Tahun 2017).
Astini, N.W., & Purwati, N.K.R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan
Karakteristik Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (Vol. IX No.
Tahun 2020), 3-5.
Budiwati., dkk. Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Minkonsepsi,
Jurnal Basicedu (Vol 7 No. 1 tahun 2023).
Darmiah. (2021). Hakikat Peserta Didik dalam Pendidikan Islam.
Jurnal Mudarrisuna, Media
Kajian Pendidikan Agama Islam (Vol.1 No. 1)
Desmita. (2016).
Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA.
Eismawati, E., Koeswanti, H.D., & Radira, E.H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD.
Jurnal
Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 3 No. 2 Tahun 2019), 73-74.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil
Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD.
Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2),
-79
Kurniawan, M. W. & Wuri W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah
terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ppkn.
Jurnal Civics, 14, 10-22.
Nasution, E. M. (2017). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Jurnal
Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat.(Vol 2 No.3 tahun 2023), 188-183.
Oktiati, T.S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap NKRI.
Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (Vol.2 No.4), 2775- 2598.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik.
Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–
Ratnasari, A.D. Wahyudi., Permana.I. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik.
Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 12 No. 3, 2022) 262-263.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfina Nur’Aini, Siwi Utaminingtyas, M.Pd, Dra. Yuliatun, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.