PENINGKATAN SIKAP SOSIAL MELALUI LAYANAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT SMA NEGERI 1 TEMON TAHUN 2020/2021
Keywords:
Sikap sosial, Layanan pembelajaran, Cooperative learning, TGTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap sosial melalui layanan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe TGT pada siswa kelas X SMAN 1 Temon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian yang digunakan terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket sikap sosial. Peningkatan sikap sosial dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam siklus I sebesar 65%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 81%. Dengan membandingkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam siklus I dan II menunjukkan peningkatan yang sangat tinggi yaitu sebesar 16%, sehingga layanan yang diberikan oleh peneliti dalam meningkatkan sikap sosial melalui layanan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe TGT pada siswa kelas X SMA N 1 Temon sudah berhasil.
Downloads
References
Dayakisni, Tri dan Hudaniah. (2001). Psikologi sosial. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Isjoni. (2009). Pembelajaran kooperatif meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Marsudi, Saring. (2003). Layanan bimbingan konseling di sekolah. Surakarta: Muhammadiyah University Pers.
Rusman, (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sukardi, D.K. dan Desak. (2008). Proses bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eti Melawati, Anita Dewi Astuti, Dri Atmaka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.