BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI KARIR SISWA

BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI KARIR SISWA

Authors

  • Kiki Elistina
  • Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd.
  • Endah Rahmawati, M.Pd.

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Project Based Learning, Eksplorasi Karir .

Abstract

Bimbingan klasikal adalah suatu layanan bimbingan yang dibuat oleh konselor
untuk melakukan kontak langsung dengan para peserta didik secara terjadwal
yang berupa kegiatan tanya jawab, praktik langsung dan diskusi kelas agar
membentuk siswa yang aktif dan kreatif. Model pembelajaran yang dapat
digunakan dalam bimbingan klasikal adalah Project Based Learning (PjBL).
Bimbingan klasikal menggunakan model Project Based Learning (PjBL) adalah
proses pemberian bantuan dari konselor kepada semua peserta didik dalam
rencana penyelesaian masalah, membuat tujuan, dan difokuskan pada
peningkatan kemampuan siswa dalam memotivasi diri agar lebih mandiri dan
kreatif. Dengan semakin banyaknya bidang pekerjaan, diperkirakan semakin
banyak orang yang membutuhkan keterampilan karir yang semakin meningkat.
Upaya meningkatkan eksplorasi karir siswa dengan bimbingan klasikal
menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dapat dilakukan untuk
mencapai tujuan karir dengan mengenali keadaan dirinya demi mencapai
keberhasilan dalam karir. Melalui makalah ini, diharap dapat menjelaskan
bimbingan klasikal menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk
meningkatkan keterampilan eksplorasi karir siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid dan Chaerul Rochman. 2014.

Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad Juntika Nurihsan. 2013.

Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling. (Edisi Revisi).

Bandung: PT. Refika Aditama.

Agoes Dariyo

. (2003)

. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: PT.

Gramedia

Pustaka Utama.

Daryanto

& Syaiful Karim. (2017).

Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gaya Media.

Dewa Ketut Sukardi. (2008).

Pengantar Pelaksanaa Program BK di Sekolah. Jakarta: Rineka

Cipta.

Eko Mulyadi. (2015).

Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja

dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Yogyakarta: UNY.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016).

Panduan Oprasional

Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMA).

Mulyasa. (2014).

Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Purwanta. (2012).

Modifikasi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Satoto Endar Nayono, dkk. (2013).

Pengembangan Model Pembelajaran Project Based

Learning Pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 21, nomor 4, edisi Oktober 2013.

Suherman, Eman. 2010.

Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfa Beta.

Richard S. Sharf. (1992).

Applying Career Develompment Theory to Counseling. California:

Pasific Grove.

Widarto. (2015).

Bimbingan Karir dan Tips Berkarir.Yogyakarta: Leutikaprio.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Kiki Elistina, Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd., & Endah Rahmawati, M.Pd. (2025). BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI KARIR SISWA: BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI KARIR SISWA. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 24(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/171

Most read articles by the same author(s)