BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI KARIR SISWA
BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI KARIR SISWA
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Project Based Learning, Eksplorasi Karir .Abstract
Bimbingan klasikal adalah suatu layanan bimbingan yang dibuat oleh konselor
untuk melakukan kontak langsung dengan para peserta didik secara terjadwal
yang berupa kegiatan tanya jawab, praktik langsung dan diskusi kelas agar
membentuk siswa yang aktif dan kreatif. Model pembelajaran yang dapat
digunakan dalam bimbingan klasikal adalah Project Based Learning (PjBL).
Bimbingan klasikal menggunakan model Project Based Learning (PjBL) adalah
proses pemberian bantuan dari konselor kepada semua peserta didik dalam
rencana penyelesaian masalah, membuat tujuan, dan difokuskan pada
peningkatan kemampuan siswa dalam memotivasi diri agar lebih mandiri dan
kreatif. Dengan semakin banyaknya bidang pekerjaan, diperkirakan semakin
banyak orang yang membutuhkan keterampilan karir yang semakin meningkat.
Upaya meningkatkan eksplorasi karir siswa dengan bimbingan klasikal
menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dapat dilakukan untuk
mencapai tujuan karir dengan mengenali keadaan dirinya demi mencapai
keberhasilan dalam karir. Melalui makalah ini, diharap dapat menjelaskan
bimbingan klasikal menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk
meningkatkan keterampilan eksplorasi karir siswa.
Downloads
References
Abdul Majid dan Chaerul Rochman. 2014.
Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmad Juntika Nurihsan. 2013.
Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling. (Edisi Revisi).
Bandung: PT. Refika Aditama.
Agoes Dariyo
. (2003)
. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: PT.
Gramedia
Pustaka Utama.
Daryanto
& Syaiful Karim. (2017).
Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gaya Media.
Dewa Ketut Sukardi. (2008).
Pengantar Pelaksanaa Program BK di Sekolah. Jakarta: Rineka
Cipta.
Eko Mulyadi. (2015).
Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja
dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Yogyakarta: UNY.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016).
Panduan Oprasional
Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMA).
Mulyasa. (2014).
Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Purwanta. (2012).
Modifikasi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Satoto Endar Nayono, dkk. (2013).
Pengembangan Model Pembelajaran Project Based
Learning Pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 21, nomor 4, edisi Oktober 2013.
Suherman, Eman. 2010.
Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfa Beta.
Richard S. Sharf. (1992).
Applying Career Develompment Theory to Counseling. California:
Pasific Grove.
Widarto. (2015).
Bimbingan Karir dan Tips Berkarir.Yogyakarta: Leutikaprio.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kiki Elistina, Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd., Endah Rahmawati, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.