IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI JOGOSIMO TAHUN 2020

Authors

  • Rizka Rahmawati IKIP PGRI Wates
  • Yuliatun IKIP PGRI Wates

Keywords:

Implementasi K13, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, serta hambatan yang ditemui guru dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV SDN Jogosimo, dan upaya mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan kepala sekolah SDN Jogosimo. Pengumpulan data diambil melalui teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Setelah data terkumpul peneliti menganalisis data dengan cara data collection, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dalam pembelajaran matematika kelas IV SDN Jogosimo telah menerapkan proses pembelajaran sesuai dengan K13. Pelaksanaan ditandai dengan guru menerapkan pembelajaran tematik integratif, menerapkan pendekatan saintifik dan menggunakan model serta media pembelajaran. Terkait penilaian pembelajaran guru guru menggunakan penilaian autentik untuk menilai 3 kompetensi yaitu kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Dalam implementasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran matematika guru mengalami beberapa kendala seperti pengerjaan raport guru kesulitan dalam mendeskripsikan membuat kata-kata, dan penilaian tes lisan dilakukan secara individu sehingga memerlukan banyak waktu. Solusi yang dilakukan guru dalam pengerjaan raport guru terlebih dahulu mengamati dan memahami sikap individu setiap peserta didik agar lebih mudah mendeskripsikan sikap peserta didik pada buku raport. Untuk penilaian tes lisan setiap individu di beri waktu pada saat pelaksanaan tes lisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Isrok’atun. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Kusnadi, D., Dkk. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Di Sma Negeri 1 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 2(1).

Ma’as S. 2016. Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Narayani, R., dkk. 2015. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Menurut Pendekatan Saintifik Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5. 3(1)

Nasarudin, 2013. Model Pembelajaran Di Sekolah. Vol 6 Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam

Rahmawati, A.N. 2018. Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education. 2(1). Hal 1-10.

Sam’s, R. H. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.

Sholichah, A. S. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam. 07(1).

Turmudi. 2020. Penilaian Pembelajaran Matematika. Solo: Leuser Cita Pustaka

Yusuf, W. H. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3(2). Hal 1-16.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Rahmawati, R., & Yuliatun. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI JOGOSIMO TAHUN 2020. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 21(2), 64–70. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/47