UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN “SMART BOARD” PESERTA DIDIK KELAS I DI SD NEGERI KALIKEPEK

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN “SMART BOARD” PESERTA DIDIK KELAS I DI SD NEGERI KALIKEPEK

Authors

  • Vina Anistya Cahyani
  • Novy Trisnani, M.Pd.
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd

Keywords:

Bilangan Cacah, emampuan Berhitung, Media Pembelajaran Smart Board

Abstract

Tujuan penulisan ini membahas tentang penerapan media Smart Board pada
mata pelajaran Matematika materi penjumlahan bilangan 1-10, hasil kemampuan
berhitung penjumlahan menggunakan media pembelajaran Smart Board. Metode
penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah
yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan dan observasi/pengamatan; (3) refleksi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil kemampuan
berhitung penjumlahan bilangan cacah dan lembar observasi. Teknik analisis
data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan
ditandai dengan 75% peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran telah
memenuhi KKTP yang telah ditentukan (≥70). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media pembelajaran Smart Board dapat meningkatkan kemampuan
berhitung penjumlahan bilangan cacah peserta didik kelas I di SD Negeri
Kalikepek. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil kemampuan
berhitung penjumlahan bilangan cacah peserta didik kelas I. Pada siklus I, nilai
rata-rata peserta didik adalah 72,63 dan yang telah mencapai KKTP sebanyak 9
peserta didik (42,10%). Pada siklus II mengalami peningkatan hasil kemampuan
berhitung penjumlahan bilangan cacah dengan nilai rata-rata 87,36 dan yang
telah mencapai KKTP sebanyak 17 peserta didik (89,47%). Peningkatan hasil
kemampuan berhitung penjumlahan bilangan cacah pada siklus II berarti telah
memenuhi indikator keberhasilan 75%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amreta, M.Y & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media Papinka terhadap Kemampuan

Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di

Sekolah Dasar.

Jurmia: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, Volume 1, Nomor 1, 21-22

Aqib, Z. (2017).

PTK Penelitian Tindakan Kelas SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Arsyad, A. (2014).

Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arvianto, S & Widayati. (2020). Pengembangan Media

Smart Board Mathematics Pada Mata

Pelajaran Matematika Materi KPK dan FPB di Kelas V.

Prosiding Seminar Nasional

Pascasarjana UNNES. 533

Arvianto, S & Widayati. (2020). Pengembangan Media

Smart Board Mathematics Pada Mata

Pelajaran Matematika Materi KPK dan FPB di Kelas V.

Prosiding Seminar Nasional

Pascasarjana UNNES. 533

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Vina Anistya Cahyani, Novy Trisnani, M.Pd., & Siwi Utaminingtyas, M.Pd. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN “SMART BOARD” PESERTA DIDIK KELAS I DI SD NEGERI KALIKEPEK: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN “SMART BOARD” PESERTA DIDIK KELAS I DI SD NEGERI KALIKEPEK. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/130

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>