ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH BROSOT

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH BROSOT

Authors

  • Annisaa’ Husna Amalia
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd
  • Novy Trisnani, M.Pd.

Keywords:

Motivasi Belajar, Pembelajaran IPAS,, kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penulisan ini membahas tentang motivasi belajar peserta didik kelas IV,
mendeskripsikan pembelajaran IPAS pada pelaksanaan kurikulum merdeka di
SD Muhammadiyah Brosot, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Metode
penulisan ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Analisis data dalam
penelitian meliputi empat tahapan yaitu: (1) pengumpulan data (2) reduksi data
(3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam
penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas IV di SD Muhammadiyah
Brosot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Brosot telah
mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun 2022 secara bertahap.
Hingga pada tahun ajaran 2024/2025 pelaksanaan sudah secara menyeluruh.
Pembelajaran IPAS di kelas IV merupakan mata pelajaran baru bagi peserta
didik. Guru mempunyai kesiapan dalam melaksanakan aktivitas belajar IPAS di
kelas IV. Kegiatan pembelajaran IPAS mencakup kegiatan perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Meskipun pada penerapannya menghadapi beberapa
tantangan, pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Motivasi belajar peserta
didik kelas IV pada pembelajaran IPAS begitu beragam. Peserta didik
menunjukkan motivasi dalam belajar IPAS. Dilihat dari ketiga indikator motivasi,
peserta didik mempunyai minat dalam belajar, tekun dan senang memecahkan
soal. Perbedaan karakteristik turut serta dalam menunjukkan adanya perbedaan
motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPAS pada
pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Brosot.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreani, D. dan Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata

Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal PGSD, Vol. 11 (9), 1841-1854.

Anjaryani, A. M. dan Edwina, T. N. (2020). Faktor-Faktor Psikologi Yang Mempengaruhi

Motivasi Belajar Pada Siswa Asli Papua Terhadap Pembelajaran Sejarah. G-Couns:

Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4 (1)

Daheri, M. dkk. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik di Era New Normal.

Journal on

Education Vol. 05 (03), pp. 9640-9649.

Dimyati, M. (2009).

Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlilah, U. N., Khamdun, K., dan Purbasari, I. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS

Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas V.

Journal on Education,

(3),

-16321.

Halimahturrafiah, N. dkk. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran oleh

Guru di SMK Al-Inayah Tebo Provinsi Jambi

. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2),

-4134.

Hamalik, O. (2017).

Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Idayanti, S. (2023). Analisis kesesuaian P5P2RA dengan prinsip pelaksanaan dan dampaknya

terhadap perilaku peserta didik.

Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan

Jakarta,

(1), 48-66.

Iskandar dkk, (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.

Journal Of Social

Science Research. 3(2), 2322-2336.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Annisaa’ Husna Amalia, Siwi Utaminingtyas, M.Pd, & Novy Trisnani, M.Pd. (2024). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH BROSOT: ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH BROSOT. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/116

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>