LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN REALITA UNTUK MENGATASI KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA NEGERI 1 KOKAP KULON PROGO

Authors

  • Dwi Yuli Astuti IKIP PGRI Wates
  • Nanik Suprihyatin IKIP PGRI Wates
  • Endah Rahmawati IKIP PGRI Wates

Keywords:

Layanan konseling individu, Pendekatan realita, kepercayaan diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individu dengan pendekatan realita untuk mengatasi rendahnya kepercayaan diri siswa SMA Negeri 1 Kokap Kulon Progo tahun 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling dan tiga siswa kelas X yang memiliki masalah rendahnya kepercayaan diri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode skala psikologis, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Layanan konseling individu dengan pendekatan realita menggunakan sistem WDEP. Want (keinginan), doing (tindakan), evaluation (evaluasi) dan planning (rencana). Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan konseling dengan pendekatan realita dapat mengatasi rendahnya kepercayaan diri siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kokap Kulon Progo Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan tersebut memang tidak signifikan tetapi mampu meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, memiliki pengendalian diri yang baik, mampu menempatkan diri di lingkungan sekitar dan kemampuan dalam berfikir positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Corey, G. (2011). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara. ________. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sukardi, D.K dan Nila, K . (2008). Proses Bimbingan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja. Rosadakarya.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Astuti, D. Y., Suprihyatin, N., & Rahmawati, E. (2022). LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN REALITA UNTUK MENGATASI KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA NEGERI 1 KOKAP KULON PROGO. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 21(2), 31–37. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/51