PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 PENGASIH KULON PROGO
Keywords:
Keharmonisan keluarga, Prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar kelas V SD Negeri 2 Pengasih kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Pengasih kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi dan menggunakan bantuan software SPSS versi 23. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V berjumlah 27 peserta didik yang terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan korelasi product moment, serta penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian diketahui bahwa (Ha), yang berarti variabel Keharmonisan Keluarga (X) berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan uji signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; uji t (parsial) dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,859 > 2,059); dan uji F dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (34,327 > 4,24). Sementara kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel Keharmonisan Keluarga (X) terhadap Prestasi Belajar (Y) adalah sebesar 0,562 atau 56,2%; sedangkan sisanya (43,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Nur, Uhbiyati. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2007. Tes Prestasi : Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Cetakan IX. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Evi, Irma Priyanti. (2011). Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Kematangan Emosi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Banyumas Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Wates.
Gunarsa, Singgih D. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
Muhibbin, S. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murni, A. (2004). Hubungan Persepsi Terhadap Keharmonisan Keluarga Dan Pemantauan Diri pada Dengan Kecenderungan Perilaku Delinkuen Pada Remaja. Tesis. (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Sri, Tumpuk. (2011). Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kenakalan Remaja Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Wates.
Tu`u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khariroh, YB Jurahman, Faridl Musyadad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.