LAYANAN INFORMASI KARIER TENTANG KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 TEMON KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024
LAYANAN INFORMASI KARIER TENTANG KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 TEMON KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Layanan informasi, Kesiapan Kerja, karierAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Informasi Karier tentang
Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Muhammadiyah 1 Temon Kulon Progo Tahun
Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dan
sumber data adalah peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK
Muhammadiyah 1 Temon Kulon Progo Tahun Pelajaran 2023/2024 yang
berjumlah 25 peserta didik. dengan metode pengumpulan data observasi,
wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat
dikemukakan bahwa hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa
layanan informasi tentang kesiapan karir pada peserta didik cukup membantu.
Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Sekolah
Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Temon Kulon Progo. Dari awal pertemuan
menunjukkan antusias peserta didik untuk mengikuti kegiatan ini. Selain itu saat
pemberian materi layanan informasi karier berjalan secara kondusif dan saat
dilaksanakan wawancara peserta didik menjawab satu persatu pertanyaan dari
peneliti sudah menunjukkan arah tujuan yang akan dicapai peserta didik dan
lebih mengerti apa minat yang dimiliki, ke pendidikan lanjut apa yang akan
diambil dan pekerjaan apa yang sesuai dengan kemampuannya. Sehingga dapat
diambil kesimpulan bahwa layanan informasi karier tentang Kesiapan Kerja
Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Temon Kulon
Progo Tahun Ajaran 2023/2024 Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMK
Muhammadiyah 1 Temon Kulon Progo, kesiapan kerja peserta didik sudah cukup
baik, peserta didik sudah bisa merencanakan kariernya sesuai minat dan
keterampilan yang dimiliki dibuktikan dengan dengan hasil wawancara yang
dilakukan peneliti. Disarankan bagi guru hendaknya mempersiapkan keseluruhan
proses konseling dalam suatu tempat, agar segala data yang berkaitan dengan
proses bimbingan dan konseling dapat menjadi sumber referensi dalam
penanganan masalah peserta didik terutama dalam mempersiapkan dan
membantu karir. Bagi peserta didik diharapkan untuk dapat meningkatkan
belajarnya dan mengasah keterampilannya untuk bekal dalam Pendidikan
maupun Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI)
Downloads
References
Albi Anggito & Johan Setiawan. (2018).
Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi Jawa
Barat: CV Jejak.
Badan Pusat Stastistik. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2002 (Berita
Resmi Statistik No.84/11/Th. XXIV, 05 November 2021).
Burhan Bungin. (2004).
Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan
Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.
Dirwanto. (2008).
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja pada Siswa
SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi.
Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sebelas Maret.
Henny Syafriana Nasution & Abdillah. (2019).
Bimbingan Konseling “Konsep, Teori, dan
Aplikasinya,”.Jakarta: Lembaga Perduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Kristina Nugrahani Putri. (2014).
Peranan Pengetahuan Tentang Dunia Kerja Terhadap
Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) Di SMK N
Pandak. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Masdudi (2015).
Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Sekolah. Cirebon: Hurjati Press.
Muhamad Muspawi & Ayu Lestari. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja.
Jurnal Literasiologi.
Volume 4 No. 1,. 111-117.
Nasution. (2002). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, volume 11 artikel no 1 Edisi Juni 2017, hlm. 9- 16.
Tjipto Subandi. (2006).
Metode Penelitian Kualitatif (Erlina Farida Hidayati (ed.); 1st ed.).
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Usman. (2020). Hubungan Layanan Bimbingan Karier dengan Kesiapan Siswa Menghadapi
Dunia Kerja Modern (Sebuah Studi Korelasional di SMK Negeri 2 Barru.
Jurnal
Bimbingan dan Konseling, Volume 7 Nomor 1, April 2020. 12-19.
Yuniar Prastiyo Aji. (2017).
Pengaruh Layanan Informasi Karier dengan Media Film
terhadap Pemahaman Siswa dalam Mengambil Keputusan Karier Kelas VIII di SMP
Negeri 22 Semarang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri
Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erwan Hardiyansah, Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd., Endah Rahmawati, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.