KEDUDUKAN EVALUASI DALAM MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

Authors

  • Wagiman IKIP PGRI Wates

Keywords:

Kedudukan, Evaluasi, Manajemen BK

Abstract

Bimbingan dan konseling merupakan salah satu organisasi di sekolah yang juga memerlukan manajemen untuk mencapai tujuannya. Manajemen bimbingan dan konseling adalah kegiatan manajemen yang dilakukan oleh konselor untuk memperlancar fungsi bimbingan dan konseling mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi untuk mencapai tujuan bimbingan dan konseling yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada. Kedudukan evaluasi dalam pengelolaan program bimbingan dan konseling sangat penting karena dengan adanya kegiatan evaluasi dapat membantu memberikan umpan balik (feedback) kepada guru pembimbing untuk memperbaiki atau mengembangkan program bimbingan dan konseling. Disamping itu evaluasi juga mempunyai kedudukan yang tidak terpisahkan dari alur pengelolaan program bimbingan dan konseling secara menyeluruh, karena memberikan informasi kepada pimpinan sekolah, konselor, guru mata pelajaran, dan orang tua siswa tentang perkembangan sikap dan perilaku, atau tingkat pencapaian tugas. pengembangan siswa, agar dapat bersinergi atau berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, R.A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang : AE Publishing Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Azizah, F., Ginting, H. F. B., & Utami, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan

Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling.

Diniaty, A. (2012). Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Gibson, R. L., & Mitchel, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling (Alih Bahasa: Yudi Santoso).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program Fourth Edition. Alexandria: American Counseling Assosiation.

Hikmat. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Juntika, Achmad, .N. (2009). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung: PT. Refika Aditama.

Prayitno. (2001). Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Poerwadarminta, W.J.S. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Rahman, F. (2014). Modul Ajar Pengembangan dan Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ridwan, (2008). Penanganan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan & Konseling, Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyo. (2011). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: Widya Karya Sukardi, D.K & Kusmawati, N. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Winardi. (2016).Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Wagiman. (2022). KEDUDUKAN EVALUASI DALAM MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 21(2), 51–63. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/46