Mempersiapkan peserta didik berkebutuhan khusus tuna grahita ringan yang bermartabat dan mandiri
Keywords:
Tuna grahita, bermartabat, mandiriAbstract
Permasalahan peserta didik berkebutuhan khusus adalah pengembangan diri. Pengembangan diri anak tunagrahita memang bukanlah masalah ringan karena memerlukan upaya keterlibatan banyak pihak untuk mengangkat ketunaannya lebih lebih di masyarakat kita yang rata rata kurang memahami ini. Dianggapnya tuna grhita ini tidak sama dengan jenis ketunaan yang lainnya, sehingga bukan suatu yang ironis kalau kita melihat nasib penyandang tuna grahita yang diperlakukan sebagai orang abnormal,anak cacat atau anak yang tergaggu jiwanya. Sedangkan di pihak lain ada yang beranggapan anak itu terlahir di dunia ini menupakan amanat dari Tuhan sehingga harus kita didik dibimbing dan dilatih dengan penuh kasih sayang ,walau bagaimanapun keadaan anak itu kita haus menerima yang tidak diubah dan memperbaiki yang masih bisa dipebaiki. Sekarang peserta didik yang mengalami tunagrahita tidak hanya mempunyai hak untuk hidup tetapi juga perlu dididik, dibimbing, dilatih melalui lembaga pendidikan khusus Sehingga dapat hidup wajar sebagai manusia yang mempunyai rasa tanggung jawab, disiplin, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dapat bekerja dalam berbagai jenis pekejaan sederhana dan hidup berkeluarga dengan baik.
Downloads
References
Dikdasmen.Direktorat Pembinaan SLB .2009.Pendidikan khusus dan Layanan Khusus.Jakarta.Dirjen Dikdasmen Jurnal Pendidikan Khusus .2006.Profil Anak Berkesuitan Belajar di Sekolah Inklusi. Jurusan PLB FIP UNY
Depdibud. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa. Pedoman Bimbingan di Sekolah.1999.Jakarta.
Lampiran Keputusan Mendikbud N0 0126/ U /1994,Tanggal 16 Mei 1994.
Depdikbud.1993 UU RI N0 .2 Tahun 1989 Tentang Sistim Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya. Jakarta : Balai Pustaka..
Depdikbud 1994.Petunjuk Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Dirjen Dikdasmen.
Undang Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Undang Undang No. 23 Tentang Perlindungan Anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kris Dwiarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.