STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI KALIKEPEK

STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI KALIKEPEK

Authors

  • Deby Astika
  • Dr. Drs. Yohanes B. Jurahman, M.Pd.
  • Dr. Sumpana, M.Pd.

Keywords:

Karakter Disiplin, Strategi Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan kedisiplinan pada peserta
didik kelas III di SD Negeri Kalikepek, mendeskripsikan strategi guru dalam
menanamkan karakter disiplin pada peserta didik kelas III di SD Negeri
Kalikepek, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
menanamkan karakter disiplin pada peserta didik kelas III di SD Negeri
Kalikepek. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta
didik kelas III di SD Negeri Kalikepek.Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan triangulasi sumber dan teknik serta meningkatkan
ketekunan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SD Negeri Kalikepek
terutama pada peserta didik kelas III sudah melaksanakan kegiatan kedisiplinan
seperti melaksanakan upacara bendera, senam pagi, dan ekstra pramuka. Dalam
melaksanakan penanaman tersebut, guru mempunyai strategi diantaranya
keteladanan, pembiasaan, pemberian hukuman, dan menciptakan suasana yang
kondusif. Namun, dalam pelaksanaannya guru mengalami dukungan dan
hambatan. Adapun faktor pendukung dalam menanamkan karakter disiplin antara
lain adanya kesadaran dalam diri peserta didik, pengaturan kepala sekolah, dan
kerja sama sekolah dengan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu
keluarga dan lingkungan bermain. Pada kedua faktor tersebut, orang tua bisa
menjadi pendukung yakni kepedulian orang tua terhadap anaknya sedangkan
orang tua juga bisa menjadi penghambat yakni orang tua yang tidak
memperhatikan anaknya. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan sekolah dan
guru dapat memberikan edukasi kepada orang tua mengenai pentingnya disiplin
dan selalu melibatkan orang tua dalam kegiatan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan

Karakter Bangsa.

Widyadari,

(2), 676-687.

Anwar, Muhammad. 2015.

Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah

Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin.

Journal of Mechanical Engineering

Education, 1(2), 233–238.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. 2013.

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-

Ruzz Media.

Gunawan, Heri. 2014.

Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2012.

Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Imron, Ali. 2011.

Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendiknas. 2010.

Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:

Badan Pengembangan dan Pusat Kurikulum.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Deby Astika, Dr. Drs. Yohanes B. Jurahman, M.Pd., & Dr. Sumpana, M.Pd. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI KALIKEPEK: STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI KALIKEPEK. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/114