PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO TAHUN AJARAN 2023/2024

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Betty Wulandari
  • Dr. M. Jumarin, M.Pd.
  • Drs. Wagiman, M.Pd

Keywords:

Bimbingan Kelompok, eknik Simulation Games, Manajemen waktu Belajar

Abstract

Manajemen waktu belajar adalah kemampuan individu untuk mengatur,
merencanakan, dan mengelola waktu dalam menjalankan aktivitas sehari hari
terutama dalam mengelola waktu belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation
Games Terhadap Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Sentolo Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain
one group pretest-postets. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 15 siswa
dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji
thitung = 8084 dan ttabel = 1761 pada taraf signifaksi 0,05 atau 5%. Hal tersebut
menunjukkan bahwa thitung = 8084 > ttabel = 1761 maka dapat disimpulkan ada
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation games
terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 3 Sentolo Tahun Ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barutu, H., dkk., (2023). Hubungan Manajemen Waktu Belajar Dengan Hasil Belajar Pkn.

Jurnal Pendidikan

Pancasila Dan Kewarganegaraan,

(1)

Fajhriani. N. D., (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi

Covid-19.

Journal of Islamic Educational Management,

(3), 298–309.

Luthfiyanti, U., dkk., (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik

Simulation Games Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas XII

SMA Negeri 9 Semarang.

Pedagogik: Jurnal Pendidikan,

(2), 27–35.

Majid & Abdul. (2014).

Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prayitno. (2001).

Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.

Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno & Amti, E. (2004).

Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Realis. (2013).

Penerapan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab.

Romlah. (2006).

Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

______. (2013).

Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Samani., dkk., (2012).

Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saputra, H., & Rahmi, A. (2021). Penerapan Teknik Siulation Games dalam Bimbingan

Kelompok Untuk Mnegembangkan Konsentrasi Belajar Remaja di Nagari Sungai

Daerah Kecamatan Pulau Punjung.

Jurnal Pendidikan Tambusai,

Volume 5 N.

Simbolon. (2004).

Dasar-Dasar Adminitrasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sukardi, D. K. (2002).

Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka

Cipta.

Wibowo, M. E. (2005).

Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Betty Wulandari, Dr. M. Jumarin, M.Pd., & Drs. Wagiman, M.Pd. (2025). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO TAHUN AJARAN 2023/2024: PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO TAHUN AJARAN 2023/2024. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 24(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/172