PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO TAHUN AJARAN 2023/2024
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Bimbingan Kelompok, eknik Simulation Games, Manajemen waktu BelajarAbstract
Manajemen waktu belajar adalah kemampuan individu untuk mengatur,
merencanakan, dan mengelola waktu dalam menjalankan aktivitas sehari hari
terutama dalam mengelola waktu belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation
Games Terhadap Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Sentolo Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain
one group pretest-postets. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 15 siswa
dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji
thitung = 8084 dan ttabel = 1761 pada taraf signifaksi 0,05 atau 5%. Hal tersebut
menunjukkan bahwa thitung = 8084 > ttabel = 1761 maka dapat disimpulkan ada
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation games
terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 3 Sentolo Tahun Ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Barutu, H., dkk., (2023). Hubungan Manajemen Waktu Belajar Dengan Hasil Belajar Pkn.
Jurnal Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan,
(1)
Fajhriani. N. D., (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi
Covid-19.
Journal of Islamic Educational Management,
(3), 298–309.
Luthfiyanti, U., dkk., (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik
Simulation Games Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas XII
SMA Negeri 9 Semarang.
Pedagogik: Jurnal Pendidikan,
(2), 27–35.
Majid & Abdul. (2014).
Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prayitno. (2001).
Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno & Amti, E. (2004).
Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Realis. (2013).
Penerapan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab.
Romlah. (2006).
Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
______. (2013).
Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Samani., dkk., (2012).
Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saputra, H., & Rahmi, A. (2021). Penerapan Teknik Siulation Games dalam Bimbingan
Kelompok Untuk Mnegembangkan Konsentrasi Belajar Remaja di Nagari Sungai
Daerah Kecamatan Pulau Punjung.
Jurnal Pendidikan Tambusai,
Volume 5 N.
Simbolon. (2004).
Dasar-Dasar Adminitrasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sukardi, D. K. (2002).
Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka
Cipta.
Wibowo, M. E. (2005).
Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Betty Wulandari, Dr. M. Jumarin, M.Pd., Drs. Wagiman, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.