PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SENTOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SENTOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Ade Luthfi Khoirudin
  • Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd
  • Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd.

Keywords:

Bimbingan kelompok, Media youtube, Gaya belajar.

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu layanan bimbingan kelompok dengan
media youtube (variabel bebas) dan gaya belajar (variabel terikat). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
media youtube terhadap gaya belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Sentolo Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group
Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Sentolo Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengambilan sampel dengan cara
memilih kelas dan peserta didik secara random sejumlah 28 peserta didik dimana
14 peserta didik sebagai kelompok kontrol dan 14 pserta didik sebagai kelompok
eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala
psikologi.hasil uji validitas skala psikologi gaya belajar menunjukan bahwa dari 30
item terdapat 9 item yang tidak valid, yaitu nomor 5,8,10,12,18,19,24,26, dan 29
dengan reliabilitas skala psikologi yaitu 0,806. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji independent sampel test (uji t test). Hasil analisis data dari
penelitian yang telah dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Sentolo tahun ajaran 2024/2025 dapat dikemukakan bahwa: “Ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan media youtube terhadap gaya belajar
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo Yogyakarta tahun ajaran
2024/2025” diterima. Hasil analisi perolehan nilai t hitung sebesar 2,324 dengan
(db) 26 serta tingkat kesalahan hitung atau taraf signifikansi sebesar 0,05 atau
5% yaitu sebesar 2,055 karena pada pengujian ini nilai t hitung > t tabel (2,324
> 2,055) maka hipotesis kerja menyatakan adanya pengaruh, diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektifitas Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta:

Diva Press.

Ghufron, M. N., dan Risnawati, R. S. (2012). Gaya Belajar. Kajian Teoritik. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Haryadi, M. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat

dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian.

Hasanah, R, Z. (2021). GAYA BELAJAR Learning Style. Batu: Literasi Nusantara

Nasution, S. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi

Aksara.

Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Asyik Mudah & Bermanfaat. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Ade Luthfi Khoirudin, Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd, & Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd. (2025). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SENTOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025: PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SENTOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 24(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/176

Most read articles by the same author(s)