PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SENTOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SENTOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025
Keywords:
Bimbingan kelompok, Media youtube, Gaya belajar.Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu layanan bimbingan kelompok dengan
media youtube (variabel bebas) dan gaya belajar (variabel terikat). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
media youtube terhadap gaya belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Sentolo Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group
Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Sentolo Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengambilan sampel dengan cara
memilih kelas dan peserta didik secara random sejumlah 28 peserta didik dimana
14 peserta didik sebagai kelompok kontrol dan 14 pserta didik sebagai kelompok
eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala
psikologi.hasil uji validitas skala psikologi gaya belajar menunjukan bahwa dari 30
item terdapat 9 item yang tidak valid, yaitu nomor 5,8,10,12,18,19,24,26, dan 29
dengan reliabilitas skala psikologi yaitu 0,806. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji independent sampel test (uji t test). Hasil analisis data dari
penelitian yang telah dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Sentolo tahun ajaran 2024/2025 dapat dikemukakan bahwa: “Ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan media youtube terhadap gaya belajar
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo Yogyakarta tahun ajaran
2024/2025” diterima. Hasil analisi perolehan nilai t hitung sebesar 2,324 dengan
(db) 26 serta tingkat kesalahan hitung atau taraf signifikansi sebesar 0,05 atau
5% yaitu sebesar 2,055 karena pada pengujian ini nilai t hitung > t tabel (2,324
> 2,055) maka hipotesis kerja menyatakan adanya pengaruh, diterima.
Downloads
References
Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektifitas Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta:
Diva Press.
Ghufron, M. N., dan Risnawati, R. S. (2012). Gaya Belajar. Kajian Teoritik. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Haryadi, M. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat
dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian.
Hasanah, R, Z. (2021). GAYA BELAJAR Learning Style. Batu: Literasi Nusantara
Nasution, S. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi
Aksara.
Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Asyik Mudah & Bermanfaat. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ade Luthfi Khoirudin, Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd, Dra. Nanik Suprihyatin, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.