DAMPAK KECANDUAN SMARTPHONE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

DAMPAK KECANDUAN SMARTPHONE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Authors

  • Winda Alfiyyah Syifaa H.
  • Drs. Wagiman, M.Pd.
  • Anita Dewi Astuti, M.Pd.

Keywords:

kecanduan smartphone, pembentukan karakter anak

Abstract

Smartphone memang memiliki banyak manfaat, namun penggunaan smartphone
secara berlebihan juga dapat menimbulkan dampak negatif yaitu kecanduan
(addiction). Kecanduan smartphone adalah ketergantungan individu dalam
menggunakan smartphone untuk mengakses internet secara terus menerus
tanpa menghiraukan dampak negatif dari smartphone itu sendiri. Karakter
merupakan perilaku yang ditunjukkan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-
hari yang mempunyai kecenderungan kearah positif maupun negatif. Karakter
menjadi ciri khas seseorang yang membedakannya dengan orang lain.
Penggunaan smartphone yang berasal dari kalangan anak-anak yang belum
mengerti mengenai penggunaan smartphone yang baik dan benar. Penggunaan
smartphone pada anak sangat intensif yang mengakibatkan adanya perubahan
karakter pada anak. Penggunaan smartphone yang berlebihan perlahan
membentuk suatu pola kebiasaan yang individualistik dan oportunis.
Pendampingan oleh orangtua pada anak saat menggunakan smartphone
tentunya akan membawa dampak yang positif bagi anak. Sehingga mampu
menghindarkan anak dari dampak kecanduan smartphone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian.

Malang: UMM Press.

Irnawaty, & Agustang, A. (2019).

Smartphone Addiction pada Mahasiswa Pendidikan

Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Jurnal Sosialisasi: Jurnal

Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan,

(2),

–46.

Khoiriyah, L., Asri, D. N., & Kadafi, A. (2022). Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Siswa

yang Mengalami Kecanduan

Smartphone.

Prosiding SNBK (Seminar Nasional

Bimbingan Dan Konseling),

(1), 22–27.

Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., Gu, X., Choi, J. H., & Kim,

D. J. (2013). Development and Validation of a

Smartphone Addiction Scale (SAS).

PLoS ONE,

(2), 1–7. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0056936

Kemdiknas. (2010).

Pedoman Pengembangan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Tahun

Jakarta: Direktorat TK dan SD. Kementerian Pendidikan Nasional.

Laurintia. (2019). Hubungan Tingkat Kecanduan

Gadget Dengan Kualitas Tidur Pada siswa

Megawangi, Ratna. (2002). Semua Berakar Pada Karakter. Jakarta ; Lembaga Penerbit FE UI

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.

Bandung:

PT Remaja Rosda Karya.

Muchlas Samani, Pendidikan Karakter: Konsep Dan Metode, Bandung, Remaja Rosda Karya,

Muh F. (2013). Pengaruh gadged terhadap perkembangan anak usia dini.Surabaya: Teknik

Informatika,Universitas Brawijaya PTIIK

Pantu, A & Luneto, B. (2014). Pendidikan Karakter dan Bahasa. Al-Ulum. (Vol 14, No 1),

-170

Paramita, T., & Hidayati, F. (2017).

SMARTPHONE ADDICTION DITINJAU DARI ALIENASI

PADA SISWA SMAN 2 MAJALENGKA.

Jurnal EMPATI,

(4), 858–862.

https://doi.org/10.14710/empati.2016.15456

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Winda Alfiyyah Syifaa H., Drs. Wagiman, M.Pd., & Anita Dewi Astuti, M.Pd. (2025). DAMPAK KECANDUAN SMARTPHONE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK: DAMPAK KECANDUAN SMARTPHONE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 24(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/180