LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SAMIGALUH TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
Konseling Kelompok, Kenakalan RemajaAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok dalam
Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1
Samigaluh Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif observasi, dokumentasi dan wawancara.
Fokus penelitian adalah layanan konseling kelompok dalam mengatasi
kenakalan remaja, informan adalah petugas bimbingan dan pihak lain
seperti warga sekitar maupun wali kelas. Teknik analisis data seperti yang
dikemukakan Miles & Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi
serta kesimpulan dan verifikasi. Subyek penelitian sebanyak 5 siswa. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan
metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilaksanakan dengan
triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa
peneliti mampu mengamati pelaksanaan konseling kelompok sesuai
dengan tahapan-tahapan dengan baik. Dibuktikan dengan 1) pada tahap
prakonseling kelompok: pemilihan anggota kelompok berdasarkan
pertimbangan homogenitas, 2) Tahap permulaan: pemahaman terhadap
anggota kelompok terkait dampak negative dari perilaku menyimpang yang
mereka lakukan, 3) Tahap Transisi: memberikan motivasi kepada anggota
kelompok agar lebih aktif dalam mengikuti kegiatan layanan konseling
kelompok, 4) Tahap Kerja:partisipasi siswa yang mengikuti pelaksanaan
konseling kelompok bervariasi. 5) Tahap akhir: memberikan pengarahan
dan motivasi untuk tidak mengulangi perilaku negatif seperti merokok di
lingkungan sekolah, 6) Tahap pascakonseling: rencana tindakan dalam
kenakalan remaja ini di beri hukuman surat pernyataan.
Downloads
References
Elizabeth, Hurlock. (2003). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang
Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Hlm 206.
Kartono, Kartini. (2011). Patologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers. Hlm 6.
Kartono, Kartini. (2011). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada. Hlm 59.
Kurnanto, Edi. (2013). Konseling Kelompok. Bandung: ALFABETA. Hlm 9.
McLeod, John. (2008). Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Kencana. Hlm
Monks. (2008). Pengantar Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University
Press. Hlm 91
Namora. (2016). Depresi: Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana. Hlm 80-84
Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Hlm 43.
Nurihsan, Achmad Juntika. (2009). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.
Hlm 24.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil; Layanan dan. Kegiatan.
Pendukung. Jakarta: Rajawali Pers. Hlm 54.
Purwandari, Eny. (2011). Keluarga, Kontrol Sosial dan “Strain”: Model.
Kontinuitas Delinquency Remaja. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan,
Jogjakarta. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.VIII, No.1, 28-44.
Santrock. (2013). Adolescence (perkembangan remaja). Jakarta: Erlangga. Hlm 18.
Sanyata, (2010) Teknik dan Strategi Konseling Kelompok. Paradigma, No. 09 Th. V,
Januari ® ISSN 1907-297X
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Admin OJS IPW; Drs. Wagiman, M.Pd. Dr. M. Jumarin, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.