HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA

Authors

  • Niti Nugrahani
  • Drs. Wagiman, M.Pd.
  • Dr. M. Jumarin, M.Pd.

Keywords:

Percaya Diri, Konsep Diri, enyesuaian Diri, Siswa Kelas X

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara Konsep Diri dan Percaya
Diri dengan Penyesuaian Diri siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan
Kesehatan Sadewa Wates pada tahun akademik 2024/2025. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang mengutamakan
pengumpulan dan analisis data numerik untuk menguji hipotesis atau menjawab
pertanyaan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Sadewa Wates Kulon Progo Tahun
Akademik 2024/2025 yang berjumlah 149 peserta didik teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah proportional random sampling berjumlah 74
sampel. Data dikumpulkan menggunakan angket. Analisis data yang digunakan
untuk hipotesis pertama dan kedua adalah analisis korelasi product moment
sedangkan hipotesis ketiga menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data pada hipotesis penelitian ini diterima terdapat
hubungan positif dan signifikan antara Konsep Diri dan Penyesuaian Diri dengan
nilai korelasi r_xy sebesar 0,545. Nilai ini lebih tinggi daripada nilai tabel 0,227
pada taraf signifikansi 5%, dan nilai signifikansi 2-tailed adalah 0,000 < 0,05,
mengindikasikan hubungan yang kuat dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa
Konsep Diri yang positif berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan
peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka. Peneliti juga
mengungkapkan bahwa Percaya Diri berhubungan positif dan signifikan dengan
Penyesuaian Diri, dengan nilai korelasi r_xy sebesar 0,422 yang juga melebihi
nilai tabel 0,227 dan nilai signifikansi 2-tailed 0,000 < 0,05. Uji regresi
menunjukkan bahwa Konsep Diri dan Percaya Diri secara bersama-sama
memberikan kontribusi sebesar 34,1% terhadap Penyesuaian Diri, dengan nilai
18,344 yang lebih besar dari 3,12. Saran: perlunya memahami
konsep diri, rasa percaya diri, dan penyesuaian diri supaya dapat membantu
peserta didik berkembang secara pribadi dan akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng, Y. (2007).

Masalah Pendidikan di Sekolah. Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Arifin, Z. (2016).

Manajemen Pendidikan dan peningkatan SDM dalam Era Globaisasi.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyaningsih, A., & Dewi, B. (2018).

Konsep Diri dan Kesejahteraan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Niti Nugrahani, Drs. Wagiman, M.Pd., & Dr. M. Jumarin, M.Pd. (2025). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA: HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 24(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/175

Most read articles by the same author(s)