PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE MODELLING TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 WATES TAHUN PELAJARAN 2024/2025

PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE MODELLING TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 WATES TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Zulfa Hanifah
  • Drs. Wagiman, M.Pd
  • Dr. M. Jumarin, M.Pd.

Keywords:

Layanan Informasi dengan Metode Modelling, Perencanaan Karier

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah perencanaan karier yang dialami oleh
siswa dengan gejala yang muncul seperti pemilihan jurusan yang cenderung
asal-asalan atau hanya mengikuti teman, masih bingung antara langsung kerja
atau kuliah setelah lulus SMK, kurangnya informasi yang diterima mengingat
terbatasnya waktu guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan di
kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi
dengan metode modelling terhadap perencanaan karier siswa kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2
Wates Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan metode eksperiment dengan pola quasi eksperimental design
dengan desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design.
Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan
Otomotif di SMK Muhammadiyah 2 Wates sebanyak 136 siswa. Teknik
pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah
sampel dalam penelitian ini adalah 26 responden yang terbagi menjadi dua, yaitu
13 responden untuk kelompok eksperimen dan 13 responden untuk kelompok
kontrol yang memiliki skor perencanaan karier paling rendah. Data yang
terkumpul dianalisis dengan uji independent sample t-test menggunakan bantuan
perangkat komputer melalui program SPSS versi 26 for windows. Hasil penelitian
berdasarkan analisis data, di ketahui nilai t hitung 3,820 > 1.706, hal ini
menunjukkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dinyatakan
bahwa ada pengaruh layanan informasi dengan metode modelling terhadap
perencanaan karier siswa kelas XI Teknik Kendaraaan Ringan Otomotif SMK
Muhammadiyah 2 Wates Tahun Pelajaran 2024/2025. Saran guru bimbingan dan
konseling hendaknya memberikan layanan informasin dengan metode modelling
untuk meningkatkan perencanaan karier siswa, tidak menutup kemungkinan
untuk menggabungkan dengan metode lain sebagai metode pendamping.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityawarman, L. P., Hidayati, A., & Maulana, M. A. (2020). Peran Bimbingan Kelompok

dalam Perencanaan Karir Siswa.

Jurnal Advice, 165-177.

Andriati, N., & R, T. M. (2019). Layanan Informasi Tentang Pergaulan Remaja di SMA dan

MA Kabupaten Bengkayang.

GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Arikunto, S. (2014).

Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir

dengan Penggunaan Media Modul.

Psikopedagogia, 58-68.

Erford, B. T. (2017).

Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Narni. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Melalui Layanan Bimbingan

Kelompok dengan Teknik Modeling.

Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan

Konseling, 51-57.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Zulfa Hanifah, Drs. Wagiman, M.Pd, & Dr. M. Jumarin, M.Pd. (2025). PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE MODELLING TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 WATES TAHUN PELAJARAN 2024/2025: PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE MODELLING TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 WATES TAHUN PELAJARAN 2024/2025. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 24(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/178