CERITA PEWAYANGAN DALAM MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
CERITA PEWAYANGAN DALAM MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kebudayaan Wayang, Media Bercerita, Anak Sekolah DasarAbstract
Budaya akan mengalami kemunduran jika tidak dilestarikan dan dirawat oleh
generasi penerus. Perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern
seringkali menyebabkan generasi muda melupakan bahkan tidak mengenal
kebudayaan mereka sendiri. Saat ini, masyarakat berupaya menghidupkan
kembali kebudayaan yang ada agar terus berkembang dan menjadi kearifan
lokal, salah sarunya adalah kebudayaan wayang kulit. Kebudayaan merupakan
suatu peradaban kebiasaan yang terdapat di setiap daerah dan menjadi ciri khas
tersendiri. Wayang telah ada sejak sekitar 100 tahun yang lalu dan terus
mengalami perkembangan. Dahulu wayang digunakan oleh nenek moyang dalam
acara keramat atau persembahan agung yang disebut ritual. Selain itu, walisongo
juga memanfaatkan wayang sebagai media dakwah untuk menyebarkan agama
Islam melalui cerita-cerita yang sarat makna. Melalui wayang, banyak
masyarakat Jawa yang akhirnya memeluk agama Islam. Seiring waktu, wayang
tidak hanya digunakan untuk menceritakan kisah-kisah yang dapat dinikmati
orang dewasa, tetaoi juga dapat ditampilkan untuk anak-anak sebagai upaya
membangun kebudayaan Indonesia. Penerapan penggunaan wayang untuk
pembelajaran anak-anak Sekolah Dasar memiliki manfaat yang sangat baik.
Selain menyampaikan pesan moral, wayang juga mampu meningkatkan
imajinasi, kemampuan sosial-emksional, kognitif dan seni pada anak. Lebih jauh,
wayang dapat membantu mengembangkan nilai-nilai karaktee serta aspek
pendewasaan yang sangat penting dalam kehidupan.
Downloads
References
Akhmad Muhaimin Azzet. 2013
Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-
Ruzz Media.
Anita, yus.2011
Penilaian Perkembangan belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta:
Prenada Media Group.
Antonius, Ratumakin. 2011
Orang Flores Menanggap Wayang. Jakarta: Pustaka Sinar
Harapan.
Bungarampai. 1974
Kebudayaan, mentalitet dan pembangunan. Jakarta: PT gramedia.
E. Papalia, Diane, dkk. 2008
Human Development (Psikologi Perkembangan). Edisi
kesembilan diterjemahkan oleh A.K.Anwar. Jakarta: Prenandra Group.
Effat al-Sharqawi. 1981
Filsafat kebudayaan Islam. Bandung: Pustaka.
Eko, Purwanto & Margareta Evi Yuliana.2016
Penerapan Animasi Pertunjukan Wayang
sebagai Media Pendidikan Budi Pekerti dan Memperkenalkan Budaya Bangsa Kepada
Anak Usia Dini. Jurnal SAINSTECH Politeknik Indonusa Surakarta ISSN: 2355-5009
Vol. I.
Hamruni. 1994
Konsep Edutaiment dalam Pendidikan Islam. yogyakarta: Bidang Akademik.
ICMI. Dawis, Soelaiman, 1994
Strategi kebudayaan dan pendidikan.
Masitoh, Heny Djoehaeri, Ocih Setiasih. 2005Strategi
Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dr. Sumpana, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.