Kontribusi guru memulihkan pendidikan dalam pembelajaran tatap muka terbatas

Authors

  • Ratri Shinta Wardhani IKIP PGRI Wates

Keywords:

Kontribusi guru, PTM terbatas, Pemulihan

Abstract

Pendidikan harus tetap berlangsung sekalipun dalam masa pandemi. Peserta didik tidak boleh kehilangan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan. PTM terbatas menjadi solusi yang ditawarkan oleh pemerintah bagi sekolah yang memenuhi persyaratan untuk melaksanakan pembelajaran di masa pandemi. PTM terbatas menjadi langkah baru dalam rangka menjaga kualitas pembelajaran dan kondisi psikologis peserta didik setelah sekian lama melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Guru menjadi ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Dalam situasi  pandemi, para guru senantiasa berjuang guna memastikan keterlaksanaan pendidikan serta meminimalisir hambatannya.Tentu saja, guru yang berkualitas sangat diperlukan dalam upaya memulihkan pendidikan. Cara yang dapat ditempuh guru untuk turut serta memulihkan pendidikan ditengah pelaksanaan PTM terbatas adalah dengan meningkatkan kecakapan digital, memperbaiki kualitas pembelajaran, meningkatkan kompetensi, serta mengasah kreativitas dan berinovasi. Dengan adanya kontribusi guru dalam pembelajaran PTM terbatas, diharapkan pelaksanaan PTM terbatas menjadi lebih efektif dan berkualitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, A. (2021). Implementasi Pembelajaran : Peluang dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar di Muara Komam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5017–5023. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1535

Dewi, N. W. E. P. (2017). Meningkatkan Kualitas Guru Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik. https://www.researchgate.net/publication/315099931

Gazali, M. (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk mencerdaskan Bangsa. Jurnal Al Ta’dib, 6(1), 126–136.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi).

Cakrawala Pendidikan, 3, 463–473. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208

Raharjo, T. J. (2018). Landasan Pendidikan (1st ed.). Unnes Press.

Ramli. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.

http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Saputro, D. T., Dewi, R. A., & Aulia, S. N. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran PTM Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 129– 134. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3951

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100–110. http://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825

Sukitman, T. (2020). Pendidikan di Masa Pandemi: Menelaah dari Daerah. Prosiding

Diskusi Daring Tematik Nasional, 91–95. http://research-

report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3655/3620

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 284–285. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat

Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbudristek, Menag, Menkes, dan Mendagri Nomor 05/KB/2021, Nomor 134 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/ 6678/ 2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 Tentang Panduan Pembelajaran Di Masa Pandemi

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Wardhani, R. S. (2022). Kontribusi guru memulihkan pendidikan dalam pembelajaran tatap muka terbatas. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 25–31. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/35