Kontribusi guru memulihkan pendidikan dalam pembelajaran tatap muka terbatas
Keywords:
Kontribusi guru, PTM terbatas, PemulihanAbstract
Pendidikan harus tetap berlangsung sekalipun dalam masa pandemi. Peserta didik tidak boleh kehilangan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan. PTM terbatas menjadi solusi yang ditawarkan oleh pemerintah bagi sekolah yang memenuhi persyaratan untuk melaksanakan pembelajaran di masa pandemi. PTM terbatas menjadi langkah baru dalam rangka menjaga kualitas pembelajaran dan kondisi psikologis peserta didik setelah sekian lama melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Guru menjadi ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Dalam situasi pandemi, para guru senantiasa berjuang guna memastikan keterlaksanaan pendidikan serta meminimalisir hambatannya.Tentu saja, guru yang berkualitas sangat diperlukan dalam upaya memulihkan pendidikan. Cara yang dapat ditempuh guru untuk turut serta memulihkan pendidikan ditengah pelaksanaan PTM terbatas adalah dengan meningkatkan kecakapan digital, memperbaiki kualitas pembelajaran, meningkatkan kompetensi, serta mengasah kreativitas dan berinovasi. Dengan adanya kontribusi guru dalam pembelajaran PTM terbatas, diharapkan pelaksanaan PTM terbatas menjadi lebih efektif dan berkualitas
Downloads
References
Adiyono, A. (2021). Implementasi Pembelajaran : Peluang dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar di Muara Komam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5017–5023. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1535
Dewi, N. W. E. P. (2017). Meningkatkan Kualitas Guru Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik. https://www.researchgate.net/publication/315099931
Gazali, M. (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk mencerdaskan Bangsa. Jurnal Al Ta’dib, 6(1), 126–136.
Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi).
Cakrawala Pendidikan, 3, 463–473. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208
Raharjo, T. J. (2018). Landasan Pendidikan (1st ed.). Unnes Press.
Ramli. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.
http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Saputro, D. T., Dewi, R. A., & Aulia, S. N. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran PTM Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 129– 134. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3951
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100–110. http://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825
Sukitman, T. (2020). Pendidikan di Masa Pandemi: Menelaah dari Daerah. Prosiding
Diskusi Daring Tematik Nasional, 91–95. http://research-
report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3655/3620
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 284–285. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat
Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbudristek, Menag, Menkes, dan Mendagri Nomor 05/KB/2021, Nomor 134 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/ 6678/ 2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 Tentang Panduan Pembelajaran Di Masa Pandemi
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ratri Shinta Wardhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.