PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GOOGLE SLIDE PADA PEMBELAJARAN LITERASI KELAS IV SD N SOGAN

Authors

  • Richam Sofiyana IKIP PGRI Wates
  • Yulia Palupi IKIP PGRI Wates
  • Wulan Tri Puji Utami IKIP PGRI Wates

Keywords:

Google Slide, Pembelajaran literasi, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif google slide pada pembelajaran literasi kelas IV di SD N Sogan serta untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif google slide pada pembelajaran literasi yang dikembangkan untuk peserta didik kelas IV SD N Sogan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut Borg dan Gall dengan memodifikasi langkah pengembangan dari 10 langkah menjadi 7 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk operasional. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket uji kelayakan ahli media, ahli materi dan pengguna. Subjek uji coba produk multimedia interaktif google slide ini berjumlah 15 peserta didik kelas IV SD N Sogan. Berdasarkan hasil penelitian, produk multimedia interaktif google slide pada pembelajaran literasi layak digunakan menurut hasil berikut: Validasi dari segi materi memperoleh skor rata-rata 4,6 dengan kriteria “sangat baik”. Validasi dari segi media memperoleh skor rata-rata 3,8 dengan kriteria “baik”. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,40 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,58 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif google slide yang telah dikembangkan dikatakan layak digunakan untuk pembelajaran literasi kelas IV SD N Sogan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Andayani, Endah. (2021). Efektivitas Berbagai Macam Fitur Google Sebagai Media Pembelajaran Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (Vol. 2 tahun 2021), 218-225.

Indriasari, Sofiyanti. (2020). Aplikasi Office Menggunakan Google Suite. Yogyakarta: Deepublish.

Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nopriyanti & Sudira, Putu. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol. 5 tahun 2015) 222-235.

Nurrohmah, Maisaroh F. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas III SD Negeri Karangrejek II Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamasari, Sriwulan. (2019). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 6 tahun 2019) 37-43.

Sari, A. O,. Kesuma, G. C & Anggraini, Dian. (2019). Google Slide dan Quizizz dalam Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 9 tahun 2019) 97-104.

Soenarto, dkk. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Syaiful Sagala. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Sofiyana, R., Palupi, Y., & Utami, W. T. P. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GOOGLE SLIDE PADA PEMBELAJARAN LITERASI KELAS IV SD N SOGAN. AKADEMIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 21(2), 45–50. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/45