EFEKTIVITAS POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA KELAS 1A SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES
Keywords:
Pojok Baca, Literasi, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pojok baca untuk meningkatkan literasi siswa kelas 1A SD Negeri Percobaan 4 Wates. Penelitian ini bertempat di SD Negeri Percobaan 4 Wates. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian dalam penelitian ini merupakan siswa-siswi kelas 1A SD Negeri Percobaan 4 Wates, yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Literasi merupakan kemampuan untuk mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas atau aktivitas meliputi membaca, melihat, mendengar, menulis, dan berbicara. Pojok baca adalah pemanfaatan berbagai sudut ruangan di sekolah sebagai tempat koleksi buku dan tulisan dari siswa di setiap kelas.
Downloads
References
Abidin, Mulyati & Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara
Antasari, Indah wijaya. 2017. Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang
Banyumas. Jurnal Libria. Vol. 9 No. 1.Asih Ade & Dewantara Mas. 2017. Keefektifan budaya literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation. Vol. 1 (4).
Aswat, Hijrawatil. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Baca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (1): 70-78.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah.
Faradina, Nidya. 2017. Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah Annajah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya. Vol. 6, No.8.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69Kompas.com
Handina, Alfian, dkk. 2016. Implementasi Gemar Membaca Melalui Pogram Pojok Baca dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII di SMPN2 Sumber, Jurnal Edueksos Volume V No 2.
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian
Harususilo, Yohanes Enggar. "Skor PISA 2018: Peringkat Lengkap Sains Siswa di 78 Negara, Ini Posisi Indonesia." Kompas. Com 1 (2019).
Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1),
Lidia, Winda. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat baca Siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016. Diakses pada tanggal 25 Desember 2022 dari situs: http://digilib.unimed.ac.id(66 70)
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.
Nandasari. 2017. Implementasi Literasi Media Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 1 Kediri. NOSI Volume 5.
Nurzaman Ruban. 2016. Tujuan- dan-rambu-rambu- pembuatan-pojok-bacaonline-http://rubanurzaman.gurusiana.id/di akses-tanggal- 25/Desember/2022.
Prasetyono, D. S. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Think
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356-1364. Salma, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa
Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).
Santoso, H. (2015). Upaya meningkatkan minat dan budaya membaca buku melalui iklan layanan
Siregar, A. R. (2008). Upaya meningkatkan minat baca di sekolah. Sisi Edukasi. 2018. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah, Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah masyarakat. Library. um. ac. id, (1), 1-19. dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E- Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dimas Kukuh Priyatmoko, Yulia Palupi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.