PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID ‘AYO CUCI TANGAN’ PADA HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENCUCI TANGAN SISWA SMPLB SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA
Keywords:
Aplikasi android, Cuci tangan, Hasil belajar, keterampilan, Siswa berkebutuhan khususAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi android „ayo cuci tangan‟ pada hasil belajar dan keterampilan mencuci tangan siswa SMPLB SLB Negeri 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen dengan skema one group pretest-postest design. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran aplikasi android „ayo cuci tangan‟ mendukung peningkatan hasil belajar aspek kognitif dan aspek keterampilan siswa SMPLB SLB Negeri 2 Yogyakarta pada materi mencuci tangan.
Downloads
References
Alam, A. (2022). Platform Utilising Blockchain Technology for eLearning and Online Education for Open Sharing of Academic Proficiency and Progress Records. In Smart Data Intelligence (pp. 307-320). Springer, Singapore.
Depkes RI. (2008). Pedoman Umum Pengelolaan Kegiatan Peningkatan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Ditjen PPM & PL. Jakarta
Desiyanto, F. A., & Djannah, S. N. Efektivitas mencuci tangan menggunakan cairan pembersih tangan antiseptik (hand sanitizer) terhadap jumlah angka kuman. KesMas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 7(2), 24934.
Hake, R. R. (2002, August). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. In Physics education research conference (Vol. 8, No. 1, pp. 1-14).
Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Android-Based Computer Assisted Instruction Development as a Learning Resource for Supporting Self-Regulated Learning. International Journal of Instruction, 12(3), 389-404.Hoq, M. Z. (2020). E-Learning during the period of pandemic (COVID-19) in the kingdom of Saudi Arabia: an empirical study. American Journal of Educational Research, 8(7), 457-464.
Ichwan, M dan Hakiky, Fifin. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android. Jurnal Informatika. Vol 2 (No 2), 13-21.
Kementrian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementrian Kesehatan.
Kristia. (2014). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VII Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun di SMP Negeri 3 Gondangrejo Karanganyar. Jurnal Kebidanan Stikes Kusumas Husada. hlm 16-20.
Mandailina, V., Saddam, S., Ibrahim, M., & Syaharuddin, S. (2019). UTAUT: Analysis of Usage Level of Android Applications as Learning Media in Indonesian Educational Institutions. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(3), 16-23.
Murtiwiyati dan Glenn Lauren. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi. Vol. 12 (No. 2), 2. http://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/komputasi
Muyassaroh, Reno Nurdiyanto, Laifa Rahmawati. Pengembangan Aplikasi Android „Ayo Cuci Tangan‟ untuk Mengajarkan Kebersihan Anggota Tubuh pada Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 3, Nomor 1, Januari 2022, hal 131-138.
Putri, I. C., Damri, D., Engkizar, E., Asril, Z., & Efendi, E. (2020). The Use of Android Game to Improve Impaired Hearing Student Vocabulary Mastery. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 9(2), 85-93.
Qian, K., Parizi, R. M., & Lo, D. (2018, December). Owasp risk analysis driven security requirements specification for secure android mobile software development. In 2018 IEEE Conference on Dependable and Secure Computing (DSC) (pp. 1-2). IEEE. Reynard, Ruth. (2009). Technology's Impact on Learning Outcomes: Can It Be Measured? Diambil pada 1 Juni 2014 dari http://thejournal.com/articles/2009/05/14/technologys-impact-on-learning-outcomes-can-it-be-measured.aspx#UwA4h04t7MvhfDY9.99.
Sermet, Y., & Demir, I. (2020). Virtual and augmented reality applications for environmental science education and training. In New Perspectives on Virtual and Augmented Reality (pp. 261-275). Routledge
Sunitha, R., & Elina, S. (2020). A study on mobile applications in education. IITM Journal of Management and IT, 11(1), 91-97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muyassaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.